MotoGP: Bos Honda Serang Balik KTM soal Pedrosa

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 01 Mar 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 01 Mar 2019, 10:00 WIB
Dani Pedrosa
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa menghadiri sesi konferensi pers jelang MotoGP Jerman di Hohenstein-Ernstthai, Kamis (12/7). Keputusan pensiun akan menyudahi 18 tahun perjalanan karier Pedrosa sebagai pebalap profesional. (Jan Woitas/dpa via AP)

Liputan6.com, Losail - Alberto Puig, bos tim Honda MotoGP meradang. Dia dibuat kesal dengan pernyataan CEO KTM, Stefan Pierer soal Dani Pedrosa, pembalap Honda di MotoGP pada 2006 hingga 2018.

Dalam pernyataannya beberapa hari lalu, Pierer menyebut Honda tidak memberikan Pedrosa sesuatu yang layak diterima setelah mengabdi selama 14 tahun lamanya.

"Hal pertama yang perlu saya katakan adalah saya sangat menghormati Mr. Pierer, seorang pria yang telah menciptakan salah satu perusahaan sepeda motor terbaik di bidang 'off-road'. Banyak bercerita tentang dirinya sebagai orang dengan semangat yang sangat kompetitif," kata Puig, dikutip dari Motor Sport.

"Saya punya banyak cerita dengan Dani Pedrosa (Puig merupakan agen Pedrosa hingga 2013). Saya tidak mengerti mengapa dia mengatakan itu. Kenyataannya adalah, Honda yang selalu mendukung Pedrosa sepanjang karier," ujarnya menambahkan.

Puig pun menunjukkan bukti Honda telah memberikan hal berarti untuk pembalap penguji KTM tersebut. Honda memberikan motor berkualitas kepada Pedrosa saat menjadi juara dunia kelas 250 cc pada 2004 dan 2005.

"Pada tahun itu, kami memberikan sepeda terbaik untuk dia mendapatkan dua gelar 250 cc beruntun. Kemudian Honda menempatkannya di tim pabrikan MotoGP," ucap Puig.

"Kemudian pada 2007, setelah Nicky Hayden menjadi juara dunia MotoGP, Honda mengubah desain prototipe yang disesuaikan untuk Pedrosa. Secara keseluruhan angka 14 tahun di MotoGP, itu merupakan bentuk dukungan tanpa syarat!" katanya menegaskan.

 

 

2 dari 3 halaman

Serang Balik KTM

Alberto Puig
Perbesar
Alberto Puig (kanan) merupakan mantan manajer Dani Pedrosa (dok Red Bull)

Puig pun menantang Pierer untuk melakukan hal yang sama kepada dua pembalap KTM, Pol Espargaro dan Johann Zarco.

"Sekrang coba KTM mempertahankan Espargaro dan Zarco di tim resminya hingga 2031. Saya ingin melihat mereka melakukan itu," ucapnya menegaskan.

Lebih lanjut, Puig mengatakan, Honda sudah memberikan tawaran kepada Pedrosa untuk menjadi pembalap penguji. Namun, Pedrosa ingin punya tantangan lain.

"Kami akan sangat senang jika Pedrosa menerima tawaran itu dan menjadi duta besar Honda. Namun, dia memutuskan untuk mengambil jalan lain. Kami bisa menghargainya 100 persen," kata Puig.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP 2019

1. GP Qatar: Losail International Circuit,10 Maret

2. GP Argentina: Termas de Rio Hondo, 31 Maret

3. GP Americas: Circuit of the Americas, 14 April

4. GP Spanyol: Circuito de Jerez-Angel Nieto, 5 Mei

5. GP Prancis: Le Mans, 19 Mei

6. GP Italia: Autodromo di Mugello, 2 Juni

7. GP Catalunya: Circuit de Barcelona-Catalunya, 16 Juni

8. GP Belanda: TT Circuit Assen, 30 Juni

9. GP Jerman: Sachsenring, 7 Juli

10. GP Cek: Automotodrom Brno, 4 Agustus

11. GP Austria: Red Bull Ring - Spielberg, 11 Agustus

12. GP Inggris: Silverstone Circuit, 25 Agustus

13. GP San Marino: Misano World Circuit Marco Simoncelli, 15 September

14. GP Aragon: MotorLand Aragon, 22 September

15. GP Thailand: Changi International Circuit, 6 Oktober

16. GP Jepang: Twin Ring Motegi, 20 Oktober

17. GP Australia: Phillip Island Circuit, 27 Oktober

18. GP Malaysia: Sepang International Circuit, 3 November

19. GP Valencia: Circuit Ricardo Tormo, 17 November.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓