Hasil Piala AFF U-22 2019: Timnas Indonesia U-22 Juara, Vietnam Permalukan Tuan Rumah

Oleh Yus Mei Sawitri pada 27 Feb 2019, 07:30 WIB
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gelar juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

 

Jakarta - Timnas Indonesia U-22 sukses jadi kampiun di Piala AFF U-22 2019. Skuat Garuda Muda asuhan Indra Sjafri berhasil menggenggam gelar juara usai mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di final di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). 

Indonesia tertinggal lebih dulu pada menit ke-57 lewat gol sundulan Saringkan Promsupa. Indonesia membalas pada menit ke-59 lewat aksi Sani Rizki Fauzi. Osvaldo Haay menjadi penentu Indonesia menjuarai turnamen ini setelah mencetak gol pada menit ke-64. 

Berkat hasil itu, Timnas Indonesia U-22 berhak atas trofi juara Piala AFF U-22 2019. Titel juara itu semakin lengkap, karena Tim Merah-Putih menjadi tim paling produktif di turnamen ini.

Timnas Indonesia U-22 berhasil mendulang delapan gol dan kebobolan empat gol. Disusul Vietnam yang mencetak tujuh gol, Thailand lima gol, serta Kamboja dan Malaysia yang sama-sama mengoleksi tiga gol.

Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, juga meraih status sebagai top skorer Piala AFF U-22. Marinus berbagi status tersebut bersama bek Thailand, Saringkan Promsupa, dan penyerang Vietnam, Tran Danh Trung.

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, bersyukur atas hasil ini. Ia mengatakan, gelar ini membuktikan Indonesia bisa membentuk tim yang berprestasi di level Asia Tenggara.

"Saya sangat bersyukur, ini merupakan gelar kedua bagi saya setelah Piala AFF U-19 2013. Ini membuktikan, bangsa Indonesia bisa berdiri di kaki sendiri, dengan pemain-pemain muda kita," kata Indra seusai pertandingan.

Pelatih asal Sumatra Barat itu pun merasa sangat bangga kepada skuat Timnas Indonesia U-22, yang bekerja keras sepanjang turnamen hingga meraih juara.

2 of 3

Gelar Hiburan Vietnam

Sementara itu, Timnas Vietnam U-22 mendapat hadiah hiburan di Piala AFF U-22 2019. Mereka meninggalkan Kamboja dengan status sebagai tim peringkat ketiga.

Hal itu menyusul kemenangan 1-0 yang diperoleh atas tim tuan rumah Kamboja, pada laga perebutan peringkat ketiga di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (26/2/2019).

Timnas Vietnam U-22, yang belakangan jadi sorotan fans Timnas Indonesia U-22, harus susah payah sebelum akhirnya mengukir kemenangan.

Kemenangan tim asuhan pelatih Nguyen Quoc Tuan ini bahkan terkesan dramatis karena baru dipastikan di pengujung pertandingan, tepatnya setelah pada menit ke-87, Xuan Tu Le, menjebol gawang the Angkor Warriors.

 

3 of 3

Kamboja Membalas

Tuan rumah gagal membalas gol itu. Praktis, gol Xuan Tu Le itu jadi gol tunggal dalam pertandingan ini, dan Vietnam keluar sebagai pemenang.

Seusai pertandingan, Xuan Tu Le, mengungkapkan kegembiraannya bisa berkontribusi positif kepada tim. Dia masuk sebagai pengganti pada laga ini.

"Saya senang mencetak gol sesaat setelah masuk sebagai pengganti. Kami meningkat dari pertandingan ke pertandingan dan itu yang terpenting, kendati kami gagal ke final," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi AFF. 

Lanjutkan Membaca ↓