Lini Serang Liverpool Mulai Mandul?

Oleh Bogi Triyadi pada 26 Feb 2019, 20:00 WIB
Mohamed Salah

Liputan6.com, Liverpool - Trio penyerang Liverpool, yakni Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah sepertinya mulai kehabisan bensin. Hal ini dapat dilihat dari lima pertandingan terakhir yang dijalani skuat racikan Jurgen Klopp tersebut.

Liverpool hanya mampu mencetak lima gol dari lima pertandingan di semua kompetisi. Bahkan di dua laga terakhir, The Reds mengakhiri tanpa gol, yakni melawan Bayern Munchen di Liga Champions dan Manchester United pada lanjutan Liga Inggris.

Situasi tersebut sangat mengkhawatirkan. Sebab, Liverpool tengah bersaing dengan Manchester City dalam perburuann gelar juara Liga Inggris musim ini. Selain itu, The Reds juga masih berkompetisi di Liga Champions.

Jika Mane, Firmino, serta Salah tidak bisa kembali ke bentuk permainan terbaiknya, jelas Liverpool akan kesulitan mencetak gol. Dan ini tentu akan menyulitkan Liverpool untuk mewujudkan mimpi meraih gelar juar amusim ini.

2 of 3

Performa Menurun

Top Scorer Premier League
7. Sadio Mane (Liverpool) - 12 gol dan 1 assist (AFP/Paul Ellis)

Liverpool sudah mencetak 59 gol di Liga Inggris musim ini, jumlah itu hanya kalah dari Manchester City dengan 74 gol. Total dari jumlah gol tersebut, sekitar 65 persennya dicetak Salah, Sane dan Firmino.

Rinciannya, Salah menyumbang 17 gol, Mane 12 gol, dan Firmino 9 gol. Untuk Salah, jumlah golnya sama dengan penyerang Manchester City Sergio Aguero. Keduanya bersaing di daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris.

Tapi, ketajaman Salah, Mane, dan Firmino tak terlihat saat Liverpool ditahan Mancehster United 0-0 di Old Trafford, Minggu (24/2/2019) lalu. Eks pemain Liverpool Steve Nicol menilai permainan trio penyerang itu buruk saa melewan MU.

"Sayangnya, di lini serang, trio penyerang gagal mencetak gol. Saya tidak bisa mengingat mereka bertiga sama-sama buruk di waktu yang sama," kata Nicol seperti dikutip dari tribalfootball.

"Salah memang pernah melewati masa di mana dia tidak mencetak gol di awal tahun ini, dan Firmino terkadang tik maksimal."Namun, saat ini segala hal berjalan salah untuk mereka, termasuk Mane," imbuhnya.

 

 

3 of 3

Gol Terakhir

Trio lini serang Liverpool mulai kesulitan mencetak gol di dua laga terakhir. Salah, Mane, dan Firmino sulit membongkar lini pertahanan Bayern Munchen dan Manchester United (MU) dalam laga yang berakhir 0-0. Bahkan saat melawan MU, Firmino harus ditarik keluar karena cedera.

Firmino terakhir kali mencetak gol pada 19 Januari 2019 ketika Liverpool mengalahkan Crystal Palace 4-3. Sementara Mane terakhir mencetak gol ke gawang Bournemouth pada 9 Februari lalu.

Begitu juga dengan Salah. Ia menyumbang satu gol ke gawang Bounemouth dalam laga yang berakhir 3-0. Manajer Liverpool Jurgen Klopp harus memutar otak agar tiro penyerangnya kembali tajam dalam urusan mencetak gol jika ingin meraih geljar juara musim ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓