Membangkang Perintah Sarri, Chelsea Potong Gaji Kiper Kepa Arrizabalaga

Oleh Marco Tampubolon pada 26 Feb 2019, 19:30 WIB
Diperbarui 26 Feb 2019, 19:30 WIB
Kepa Arrizabalaga
Perbesar
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, menolak diganti saat melawan Manchester City pada final Piala Liga Inggris di Wembley, Minggu (24/2/2019). (AFP/Adrian Dennis)

Liputan6.com, Jakarta Chelsea akhirnya menjatuhkan sanksi kepada penjaga gawang, Kepa Arrizabalaga. Pria asal Spanyol itu didenda sebesar satu pekan gaji gara-gara membangkang perintah pelatih The Blues, Maurizio Sarri pada final Piala Liga Inggris di Stadion Wembley, Minggu (24/2/2019). 

Insiden bermula saat Sarri berniat menarik Kepa di penghujung babak perpanjangan waktu melawan Manchester City. Saat itu, posisi masih sama kuat 0-0. Sarri menganggap perlu mengambil langkah itu setelah Kepa mengalami kram dan sempat mendapat perawatan. 

Sarri lalu menunjuk Willy Caballero untuk menggantikan posisi Kepa. Namun upaya tersebut batal karena Kepa menolak untuk meninggalkan posisinya. Dalam pembelaannya, Kepa mengatakan masih sanggup untuk melanjutkan laga meski sebelumnya sempat kram. 

Sarri sangat berang melihat sikap Kepa. Dia sempat membanting botol untuk meluapkan emosinya. Babak adu penalti akhirnya dimenangkan oleh Manchester City dengan skor 4-3. 

Sarri dan Kepa belakangan menganggap kejadian itu sebagai kesalahpahaman. Namun manajamen Chelsea tetap menjatuhkan sanski denda sepekan gaji kepada Kepa. 

"Saya berpikir banyak tentang kejadian kemarin. Meski itu adalah kesalahpahaman, saya telah melakukan kesalahan besar soal cara mengatasi situasi," kata Kepa dilansir eirsport .

"Hari ini saya butuh waktu untuk benar-benar minta maaf kepada pelatih, Willy, rekan satu tim dan kepada klub. Saya telah melakukan ini dan saya ingin minta maaf pada fans juga."

2 dari 2 halaman

Sanksi Tergantung Klub

Maurizio Sarri
Perbesar
Manajer Chelsea Maurizio Sarri bersiap memainkan kiper Willy Caballero pada final Piala Liga Inggris di Wembley, Minggu (24/2/2019). Akan tetapi, hal itu urung terjadi karena Kepa Arrizabalaga menolak diganti. (AFP/Adrian Dennis)

Sikap Kepa memang jadi pergunjingan. Bahkan fans terang-terangan meminta agar penjaga gawang Spanyol itu dipecat dari Chelsea. Namun Sarri sepertinya sudah memaafkannya. 

"Kepa dan saya sudah bicara tentang kejadian itu. Itu perbincangan yang baik. Memang ada kesalahpahaman kemarin tapi dia telah menyadari kesalahan yang dibuat dalam bersikap. Dia telah meminta maaf kepada saya dan kepada rekan setim dan klub," kata Sarri. 

"Ini tergantung klub jika ingin meghukumnya sesuai dengan aturan klub, tapi bagi saya masalah ini sudah selesai," beber mantan pelatih Napoli tersebut. 

Meski ada seruan untuk mendepak Kepada dari tim, kehadiran Kepa Arrizbalaga sepertinya masih dinantikan dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur di Stamford Bridge, Rabu ini. Chelsea akan menjamu Spurs dalam lanjutan Premier League 2018/19.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓