5 Pelatih Sepak Bola Bergaji Tertinggi di Dunia

Oleh Aditya Wicaksono pada 25 Feb 2019, 18:50 WIB
Diperbarui 27 Feb 2019, 15:13 WIB
Manchester United (MU), Jose Mourinho

Jakarta - Pelatih atau manajer adalah faktor penting dalam sukses atau tidaknya sebuah klub sepak bola. Karena itu, gaji yang besar sering diberikan klub dengan harapan sang pelatih bisa memberikan prestasi kepada klubnya.

Pelatih menjadi faktor paling krusial untuk sebuah klub sepak bola. Penunjukkan pelatih yang tepat, yang bisa mengerti tradisi klub bisa menghasilkan hal yang positif.

Namun, jika pelatih yang diperkerjakan tidak memiliki strategi yang sesuai dengan karakter klub, target sudah hampir pasti gagal diraih. Pelatih berada di garda terdepan jika klub mengalami hasil buruk.

Para pelatih harus siap meletakkan jabatannya jika gagal memberikan hasil positif untuk klub yang ia tangani. Status kelas dunia tidak akan menjamin posisi pelatih tersebut.

Berikut ini adalah lima pelatih klub sepak bola dengan gaji tertinggi di dunia pada 2019:

 

2 of 6

5. Diego Simeone - Atletico Madrid

FIFA 2018, Pelatih Terbaik, Didier Deschamps
6. Diego Simeone - Pelatih Atletico Madrid. (AFP/Gabriel Bouys)

Diego Simeone merupakan pelatih Atletico Madrid. Ia mengantarkan klub tersebut menjadi satu di antara klub yang disegani di Eropa.

Puncaknya adalah ketika Simeone mengantarkan Atletico Madrid menjadi finalis Liga Champions pada 2014 dan 2016. Namun, Atletico Madrid masih kurang beruntung untuk bisa mengamankan gelar.

Simeone baru saja mengikat kontrak baru dengan Atletico Madrid. Ia akan berada di klub tersebut hingga 2022 dengan bayaran sebesar 9 juta pound (Rp 164,64 miliar) per musim.

3 of 6

4. Carlo Ancelotti - Napoli

Ancelotti dan 4 Pelatih Italia Berprestasi di Daratan Inggris
3. Carlo Ancelotti - Merupakan Pelatih kawakan dengan gaji terbesar di dunia. Tak dipungkiri karena telah membawa banyak klub papan atas merajai eropa. (AFP/Carlo Hermann)

Carlo Ancelotti memiliki karier yang panjang dan menjadi pelatih Italia yang disegani. Ia pernah menjadi pelatih Juventus, AC Milan, Chelsea, PSG, Real Madrid dan Bayern Munchen.

Lirikan klub besar kepada Ancelotti membuat tarifnya naik. Saat ini, Ancelotti menjadi pelatih Napoli dan mendapat penghasilan sebesar 9 juta pound (Rp 164,64 miliar) per musim.

4 of 6

3. Ernesto Valverde - Barcelona

Barcelona Pede Raih Kemenangan
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengakui akan sedikit kesulitan saat timnya bertemu PSV dalam laga lanjutan Grup B Liga Champions , Rabu (28/11). Karena dalam laga kali ini Luis Suarez diragukan tampil karena cedera. (AFP/Emmanuel Dunand)

Ernesto Valverde merupakan pelatih Barcelona yang bertugas sejak musim 2017-18. Pada musim perdananya, Valverde mengantarkan klub tersebut menjurai La Liga dan Copa del Rey.

Setelah menunjukkan prestasi yang positif, Valverde mendapat apresiasi dari Barcelona dengan perpanjangan kontrak. Ia diikat hingga 2022 dan mendapat bayaran sebesar 10 juta pound (Rp 182,94 miliar) per musim.

5 of 6

2. Jose Mourinho

Jose Mourinho
Manajer Manchester United asal Portugal, Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Nama Jose Mourinho masih masuk dalam jajaran pelatih dengan gaji tertinggi walaupun tak lagi menangani Manchester United. Hal itu dikarenakan kontrak Mourinho masih berjalan di klub tersebut sampai manajemen Manchester United membayar kompensasi.

Jose Mourinho mendapat bayaran sebesar 13,8 juta pound (Rp 252,46 miliar) ketika menangani Manchester United. Ia pun menjadi pelatih kedua dengan gaji tertinggi di dunia.

6 of 6

1. Pep Guardiola

Manchester City Vs Newcastle United
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan arahan kepada anak asuhnya saat melawan Newcastle United pada laga Premier League di Stadion James Park, Selasa (29/1). Newcastle United menang 2-1 atas Manchester City. (AP/Richard Sellers)

Pep Guardiola mendapat predikat sebagai pelatih genius. Selain cakap dalam meramu strategi, Guardiola juga memiliki pribadi yang bersahaja dan hormat kepada pelatih lainnya.

Sejak menangani Manchester City, Guardiola mendapat bayaran sebesar 15 juta pound (Rp 274,42 miliar) per musim. Hal itu dapat dimaklumi karena Guardiola dituntut untuk mengantarkan The Citizens menjadi juara Liga Champions.

Lanjutkan Membaca ↓