Arsenal vs Southampton: Bernd Leno Jadi Pahlawan

Oleh Luthfie Febrianto pada 25 Feb 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 26 Feb 2019, 15:14 WIB
Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal, Chelsea

Liputan6.com, London - Partai Arsenal vs Southampton pada pekan ke-27 Liga Inggris, Minggu (24/2/2019) malam WIB berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk tuan rumah. Dua gol Arsenal lahir dari aksi Alexandre Lacazette dan Henrikh Mkhitaryan.

Alih-alih memuji diri sendiri, Mkhitaryan justru mengatakan, kemenangan Arsenal tercipta berkat penampilan cemerlang kiper Bernd Leno. Menurutnya, penyelamatan Leno terhadap peluang Southamtpon membuat Arsenal bisa mencetak gol pertama.

"Saya kira, jika bukan karena penyelamatan Leno, kami tidak akan mencetak gol pertama. Jadi terima kasih untuknya," kata Mkhitaryan seperti dilansir situs resmi klub.

Sebelum mencetak gol pertama, gawang Arsenal nyaris bobol lewat tendangan keras Nathan Redmond. Namun tendangannya berhasil dihentikan Leno, sehingga kedudukan tetap 0-0.

Arsenal mencetak gol pertama di menit ke-6 setelah Lacazette lolos dari posisi offside. Meriam London kemudian menambah keunggulan 11 menit kemudian.

Berawal dari kesalahan pemain Southampton, Alex Iwobi mengirim umpan ke kotak penalti yang disambar tendangan oleh Mkhitaryan.

"Dia (Leno) melakukan separuh pekerjaan kami," kata Mkhitaryan.

 

2 dari 3 halaman

Lebih Agresif

Henrikh Mkhitaryan
Gelandang Arsenal Henrikh Mkhitaryan merayakan gol ke gawang Southampton pada lanjutan Liga Inggris di Emirates Stadium, Minggu (24/2/2019). (AFP/Ian Kington)

Mkhitaryan mengatakan, pertandingan babak kedua berjalan lebih sulit bagi Arsenal. Pasalnya, Southampton bermain lebih menyerang.

Namun, Arsenal tetap menang lantaran bisa melihat celah dari strategi menyerang The Saints -julukan Southampton. "Di babak kedua, mereka berbeda karena bermain lebih menyerang," kata Mkhitaryan.

"Tetapi kami punya banyak ruang untuk menyerang balik dan kami bisa mencetak banyak gol. Sayangnya kami gagal," ujar Mkhitaryan mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Kembali ke Empat Besar

Tambahan tiga poin atas Southampton membuat Arsenal untuk sementara kembali ke empat besar klasemen. Pasukan Unai Emery mengoleksi 53 poin, unggul satu poi ndari Manchester United di bawahnya.

Pada pekan ke-28, Arsenal akan meladeni Bournemouth di Emirates Stadium, Kamis (28/2/2019) dinihari WIB. Pada putaran pertama, Arsenal menang tipis 2-1.

 

Lanjutkan Membaca ↓