Sukses

3 Fakta Sirkuit Mandalika, Calon Tuan Rumah MotoGP 2021

Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP pada 2021. Berbeda dengan rencana sebelumnya, Indonesia akan menggelar event bergengsi ini di Lombok, tepatnya di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika.

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Abdulbar M Mansoer. Dia menyebut penandatanganan kontrak sudah dilakukan sejak Januari lalu dengan operator MotoGP, Dorna.

Dengan menjadi tuan rumah MotoGP, Indonesia berharap dapat mendongkrak sektor pariwisata baik di Mandalika, NTB maupun Indonesia secara keseluruhan.

Maklum tidak sedikit wisatawan yang hadir untuk menyaksikan ajang sekelas MotoGP. Itu sebabnya seluruh elemen disiapkan dalam ajang balapan motor terbesar di dunia ini.

Berikut 3 fakta Sirkuit Mandalika yang akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Proyek Bersama

Pembangunan sirkuit jalan raya dilakukan oleh ITDC dengan perusahaan konstruksi asal Prancis, Vinci Construction Grands Projects (VGGP)

Pembangunan akan dimulai Oktober 2019 dan akan memakan waktu kurang lebih setahun atau selesai pada semester II tahun 2020.

3 dari 4 halaman

2. Biaya

Pembangunan infrastruktur di Mandalika termasuk untuk sirkuit membutuhkan dana Rp 4,54 triliun untuk tujuh tahun

Khusus untuk tiga tahun ini, dana yang akan terserap akan mencapai Rp 3,6 triliun. Sirkuit sendiri akan punya panjang 4,32 km dengan panorama indah di kawasan Mandalika.

4 dari 4 halaman

3. Target

Untuk tahun pertama setelah sirkuit terbangun, ITDC berharap ada kunjungan wisatawan sebesar 100-150 ribu orang per hari. Selain MotoGP, ITDC juga berharap bisa memakai sirkuit ini untuk ajang balapan lain.

Khusus MotoGP, ITDC berharap bisa menggelar balapan tersebut pada Maret atau Oktober 2021. Semuanya tergantung kesiapan infrastruktur.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.