Cetak Sejarah, Mandalika Jadi Sirkuit Jalan Raya Pertama di MotoGP

Oleh Thomas pada 22 Feb 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 09:13 WIB
MotoGP

Liputan6.com, Jakarta Penantian panjang pecinta MotoGP di Indonesia untuk menyaksikan langsung balapan di tanah air akhirnya akan segera berakhir. Mandalika akan menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP mulai 2021.

Kesepakatan telah tercapai antara promotor MotoGP, Dorna dengan Indonesia Tourism Development Corporation (IDTC). Kontrak sudah ditandatangani pada 21 Januari di Madrid, Spanyol. Kontrak awal akan berdurasi tiga tahun. 

MotoGP Mandalika akan berlangsung di sirkuit jalan raya. Ini akan mengukir sejarah baru sebagai balapan MotoGP pertama yang digelar di sirkuit jalan raya. Sebelumnya baru Formula 1 yang menggelar balapan di jalan raya yakni di Singapura dan Monako.

"Kita tandatangan kontrak di Januari dengan Dorna.‎ Kita bersaing dengan Brasil, tetapi akhirnya kita yang dapat di 2021. Kita siapkan venue, bangun sirkuit," ujar Direktur Utama IDTC, Abdulbar M Mansoer seperti dikutip dari Autosport.

Sirkuit di Mandalika ini akan dibangun dari awal. Rencananya pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika ini dimulai kuarter tiga tahun 2019. Sirkuit ini bakal dipakai sebagai jalan umum saat sedang tidak dipakai pembalap MotoGP.

2 of 2

Dibangun dari Nol

Marc Marquez, Valentino Rossi, MotoGP
Ilustrasi MotoGP. (Robert MICHAEL / AFP)

"Sirkuit jalan akan dibangun dari nol, tidak seperti trek di Singapura dan Monako. Ketika tidak ada balapan, itu akan digunakan sebagai jalan raya biasa di daerah tersebut," ujar Abdulbar.

Dengan adanya Sirkuit Mandalika, MotoGP 2021 kemungkinan akan menggelar 20 seri. Pada tahun 2020, akan ada venue baru di Finlandia.

Lanjutkan Membaca ↓