Kontrak Tiga Tahun, Sirkuit Mandalika Bakal Gelar MotoGP

Oleh Thomas pada 22 Feb 2019, 09:30 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 07:13 WIB
MotoGP

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP mulai 2021. Ajang balap motor bergengsi itu akan dihelat di Mandalika, Lombok, NTB. Rencananya balapan akan digelar di jalan raya.

Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP selama tiga tahun. Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia Abdulbar M Mansoer mengatakan pihaknya telah melakukan penandatangan kontrak dengan pihak penyelenggara MotoGP yaitu Dorna. 

Melalui kontrak ini, Mandalika akan menjadi salah satu tuan rumah MotoGP pada 2021 mendatang. "Secara legalitas kita sudah dapat kontrak untuk MotoGP. Nanti akan ada world announcement (Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP) karena mereka terkait dengan pabrik motornya, sponsor-sponsor," ujar dia di Jakarta, Selasa (19/2/2019)

Keberhasilan Mandalika terpilih sebagai tuan rumah salah satu seri balapan MotoGP disambut baik Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Kementerian Pariwisata akan memberikan bantuan dan dukungan terkait lisensi penyelenggaraan MotoGP.

"Untuk mengadakan MotoGP, kita harus memiliki lisensi. Lisensi tersebut membutuhkan investasi sebesar 9 juta Euro. Kemenpar akan memberikan bantuan sebesar 1 juta Euro. Sisanya, kami mengharapkan kerja sama dari Pemerintah Daerah," kata Menpar.

Dengan menjadi tuan rumah MotoGP, Menpar berharap dapat mendongkrak sektor pariwisata baik di Mandalika, NTB maupun Indonesia secara keseluruhan.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia pada 2021, Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi MotoGP. Ini membuat Positioning NTB semakin kuat. Ditargetkan kompetisi ini akan mendatangkan 100 ribu wisatawan mancanegara," jelas Menpar.

2 of 2

Destinasi wisata olahraga

MotoGP
Ilustrasi persaingan di MotoGP 2018. (OLI SCARFF / AFP)

Terpilihnya Mandalika sebagai tuan rumah MotoGP mulai 2021 membuat Menpar mengusulkan agar Mandalika menjadi destinasi wisata olahraga.

"Saya mengusulkan 'positioning' Mandalika sebagai destinasi wisata olahraga," kata Menpar Arief Yahya, saat menghadiri "ground breaking" Ama-Lurra Resort by Eastern Latitude di Gili Air, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Menpar didampingi oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah dan sejumlah pejabat terkait.

"Sebentar lagi dengan adanya MotoGP, pembangunan lapangan golf, dan MICE, saya usulkan Mandalika memiliki 'positioning' sebagai destinasi 'sport tourism'," ujar Menpar.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by