Dua Kali Unggul, Timnas Indonesia U-22 Ditahan Malaysia 2-2

Oleh Luthfie Febrianto pada 20 Feb 2019, 17:30 WIB
Diperbarui 22 Feb 2019, 04:15 WIB
Timnas Indonesia U-22

Liputan6.com, Pnom Penh - Timnas Indonesia U-22 kembali memetik hasil imbang di fase grup Piala AFF U-22. Bermain melawan Malaysia, Witan Sulaiman dan kawan-kawan harus puas dengan skor akhir 2-2.

Timnas Indonesia U-22 berambisi menang di laga melawan Malaysia Rabu (20/2/2019) setelah imbang 1-1 melawan Myanmar di pertandingan pertama. Pasalnya, kemenangan akan mempermudah langkah pasukan Indra Sjafri untuk lolos ke fase berikutnya.

Bertanding di National Stadium, Kamboja, Indra menurunkan formasi 4-3-3 dengan trio Billy keraf, Marinus Manewar, dan Osvaldo Haay di lini depan. Sementara itu, Andy Setyo turun sebagai kapten tim di pertandingan ini.

Pada 15 menit awal, timnas Indonesia U-22 dan Malaysia sama-sama belum bisa membuat peluang berarti. Kondisi lapangan sintetis menyulitkan kedua tim untuk mengolah bola.

Peluang emas pertama diraih timnas Indonesia U-22 pada menit 19. Sundulan Marinus menyambut umpan tendangan bebas menyamping tipis dari gawang Malaysia.

Skor bisa saja berubah pada menit ke-39 andai Osvaldo Haay bisa memaksimalkan peluang yang didapat. Gelandang Persebaya Surabaya ini gagal mengarahkan bola ke dalam gawang yang sudah kosong melompong.

Hingga babak pertama selesai, kedua tim ternyata tidak bisa menciptakan gol.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Latihan Timnas Indonesia U-19
Witan Sulaiman (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Mengincar kemenangan, timnas Indonesia U-22 tampil lebih agresif di babak kedua. Kerja keras Andy Setyo dan kawan-kawan membuahkan hasil di menit 52.

Akselerasi Marinus gagal dikejar bek Malaysia. Tendangannya sempat ditepis kiper, namun bola liar tetap bergulir ke arah gawang Malaysia.

Marinus lalu menendang kembali bola yang telah kosong. Timnas Indonesia U-22 pun unggul satu gol.

Sayangnya keunggulan ini gagal dipertahankan. Malaysia menciptakan gol lewat tendangan bebas Nik Akif pada menit ke-62.

Witan Sulaiman membawa  timnas Indonesia U-22 kembali unggul di menit-77. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti gagal ditahan kiper Malaysia.

Tertinggal, Malaysia ternyata belum menyerah. Tendangan pojok Nik Akif diteruskan Hadi Fayyadh dan berbuah gol di menit 86.

Timnas Indonesia U-22 mencoba mencari gol ketiga yang tak kunjung tiba hingga pertandingan selesai. Pertandingan berakhir dengan skor 2-2.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia: Satria Tama, Asnawi, Rachmat Irianto, Andy Setyo, Firza Andika, M. Luthfi, Gian Zola, Rafi Syarahil, Billy Keraf, Marinus, Osvaldo Haay.

Timnas Malaysia: Haziq, Ariff Ar-Rasyid, Dominic, Dinesh, Nazirul Afif, Thivan, Izzan Shaymi, Nabil Hakim, Hadi Fayyadh, Nik Akif, Jafri.

 

Lanjutkan Membaca ↓