Sukses

Resmi, Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Kesuksesan jadi penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games 2018 jadi modal Indonesia untuk tuan rumah Olimpiade.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia resmi mencalonkan diri sebagai penyelenggara Olimpiade 2032. Momen itu ditandai penyerahan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

Dubes RI di Bern, Muliaman D Hadad, mewakili Indonesia dengan menyerahkan surat yang menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade pada 11 Februari 2019, dalam siaran pers KBRI yang diterima di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Thomas Bach saat mengunjungi Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia itu secara tertulis.

Salinan surat telah diterima oleh Bach dan direspons dengan positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

Executive Director IOC Christophe Dubi menyampaikan respons yang positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut saat menerima Muliaman D Hadad. Dia berharap kedua pihak dapat melanjutkan kerja sama selama proses pemilihan tuan rumah Olimpiade berlangsung.

"IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat," kata Dubi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesempatan Indonesia

Dubes RI Bern menyampaikan aplikasi Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 merupakan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Tanah Air, terutama sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20.

"Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di 2018 lalu patut menjadi bahan pertimbangan," ujar Muliaman, dilansir Antara.

3 dari 3 halaman

Dilakukan 2024

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut tahun 2020, 2024, dan 2028.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.