Sukses

Liverpool vs Bayern Munchen: Duel Pembuka Memori Lama

Laga Liverpool vs Bayern akan digelar di Stadion Anfield dini hari WIB nanti.

Liverpool - Duel klasik dua klub elite Eropa terhampar di Stadion Anfield, dini hari WIB nanti, saat Liverpool menjamu Bayern Munchen di Stadion Anfield. Duel kedua tim membuka memori lama.

Memori tersebut berkaitan dengan pertemuan terakhir kedua tim yang terjadi pada 2001. Laga ini menjadi pertarungan pemegang lima gelar Liga Champions.

Liverpool menjuarai kompetisi elite ini pada tahun 1977, 1978, 1981, 1984 dan 2005. Sementara itu, Bayern Munchen berstatus kampiun tahun 1974, 1975, 1976, 2001, dan 2013.

Liverpool lolos ke babak 16 besar musim ini sebagai runner-up Grup C di bawah PSG. Liverpool memastikan kelolosan mereka berkat kemenangan 1-0 atas Napoli di Anfield lewat gol tunggal Mohamed Salah pada matchday pemungkas.

Sementara itu, Bayern Munchen tak terkalahkan di Grup E dan memenangi persaingan melawan Ajax untuk finis di posisi teratas. Sang bomber Robert Lewandowski juga memimpin daftar top scorer sementara dengan torehan delapan golnya.

Liverpool dan Bayern Munchen akan bertemu untuk pertama kalinya sejak 2001 silam. Dengan head-to-head yang cukup berimbang, di mana mereka masing-masing meraih satu kemenangan, laga ini diperkirakan akan berjalan ketat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbandingan

Terakhir kali Liverpool bertemu dengan Bayern Munchen adalah di Piala Super Eropa 2001 di Monaco, ketika The Reds menang 3-2 lewat gol-gol John Arne Riise, Emile Heskey dan Michael Owen.

Satu-satunya kemenangan Bayern Munchen atas Liverpool tersaji di semifinal European Cup Winners' Cup 1971/72. Imbang 0-0 di Anfield, Bayern Munchen menang 3-1 melalui gol-gol Gerd Muller (2) dan Uli Hoeness di Jerman.

Pada laga ini, Liverpool dan Bayern Munchen sama-sama kehilangan pemain pentingnya akibat skorsing. Liverpool takkan diperkuat bek sentral tangguh Virgil van Dijk yang terkena akumulasi kartu kuning. Dari kubu Bayern Munchen, Thomas Muller harus absen dua pertandingan akibat kartu merah yang didapatnya di matchday 6 ketika melawan Ajax.

3 dari 3 halaman

Tak Ada Laga Domestik

Akhir pekan kemarin, Liverpool tak ada pertandingan di pentas domestik. Laga terakhir mereka, 9 Januari lalu, adalah laga kandang melawan Bournemouth di Premier League. Liverpool menang 3-0 lewat gol-gol Sadio Mane, Georginio Wijnaldum dan Mohamed Salah untuk mengamankan tiga poin.

Di Bundesliga akhir pekan kemarin, Bayern Munchen mengalahkan tuan rumah Augsburg 3-2. Kingsley Coman menyumbang dua gol, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh David Alaba. Melihat performa Coman, absennya Muller sepertinya takkan terlalu dirasakan The Bavarians.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.