Sukses

Jejak Pahlawan MH Thamrin di Persija Jakarta

Lapangan VIJ jadi markas pertama Persija Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Lapangan sepak bola Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) di kawasan Petojo memang tak sebanding jika disejajarkan dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yang megah, di Senayan.

Namun, lapangan yang beralamat lengkap di Jalan Petojo VI No 2 Rt 3 Rw 6, Cideng, Gambir, Jakarta Pusat ini merupakan saksi utama sejarah lahirnya klub kebanggaan warga ibu kota, Persija Jakarta, yang belakangan juga kerap menggelar laga kandang di SUGBK.

Di lapangan VIJ inilah pertama kalinya Persija bermarkas. VIJ sendiri merupakan bond alias perkumpulan klub sepak bola Hindia Belanda, yang didirikan tahun 1928. Dari bond inilah yang kemudian menjadi Persija pada tahun 1942.

Di luar itu, Lapangan VIJ ini ibarat monumen khusus Mohammad Husni (MH) Thamrin, pahlawan nasional asal Jakarta. Dialah meninggalkan banyak jejak di sana. MH Thamrin menyumbangkan 2000 gulden dari kantong pribadinya saat itu, hingga akhirnya kaum pribumi bisa memiliki lapangan sepak bola yang layak.

Tidak hanya itu, MH Thamrin, yang dilahirkan pada 16 Februari 1894 juga membawa sepak bola dalam perjuangan kebangsaan. Salah satunya dengan tidak memakai nama Batavia atas nama asosiasi ini, melainkan Jacatra.

Ketika itu, pemerintah kolonial Belanda memang menerapkan politik ras dalam kehidupan sosial masyarakat. Dan golongan bumiputera alias pribumi ditempatkan di kasta terbawah.

Sikap rasis itu juga merasuk ke dalam sepak bola. Klub-klub bumiputera dilarang berkompetisi di dalam Voetbal Bond Batavia Omstreken (VBO), perkumpulan sepak bola kaum Belanda. Sebab, VBO sebagai bond yang menaungi klub-klub Belanda memang dilarang berdiri sejajar bersama para inlander.

“Verboden voor inlander en honden,” (dilarang bagi pribumi dan anjing) adalah kata-kata menyakitkan yang seringkali terpampang dalam gelanggang olahraga Belanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegelisahan Bumiputera

Kegelisahan para bumiputera ini, menurut Abdillah Afiif, anggota tim penulis buku "Gue Persija" didengar MH Thamrin. Kemudian, selain diangkat sebagai pelindung VIJ, MH Thamrin juga ikut mendukung perjuangan PSSI.

MH Thamrin seringkali mengajak koleganya di Dewan Rakyat untuk ikut menghadiri pertandingan yang diselenggarakan PSSI. Dia juga suka mengajak anggota Dewan Rakyat ikut bermain dalam pertandingan persahabatan.

Kehadiran elite politik tersebut merupakan bentuk dukungan moril terhadap perjuangan bangsa Indonesia melalui sepak bola.

3 dari 3 halaman

Momentum Pemersatu

Sementara Roni Adi Tenabang, Ketua Perkumpulan Betawi Kita, menyebut semangat MH Thamrin membawa sepak bola dan rakyat kecil dalam perjuangan politiknya harus diingat lagi di masa kini. Apalagi dikaitkan dengan kondisi sekarang, di mana Persija, yang merupakan juara Liga 1 2018, tidak memiliki lapangan untuk berlatih yang representatif di Jakarta.

“Ini merupakan momentum untuk mengembalikan sepak bola sebagai perjuangan dan pemersatu dengan membangun stadion yang layak bagi Persija. Betawi Kita ingin Gubernur Anies Baswedan menyelesaikan apa yang telah dibangun oleh MH Thamrin,” ujar Roni.

Sumber: Betawikita.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.