Indoclub Championship Lombakan Supermoto di 2019

Oleh Defri Saefullah pada 08 Feb 2019, 22:15 WIB
Diperbarui 09 Feb 2019, 05:16 WIB
Indoclub Championship 2019

Liputan6.com, Jakarta Indoclub Championship,kejuaraan balap club event, bakal kembali bergulir mulai 16-17 Februari di Sirkuit Gokart Sentul.Indoclub Championship bakal digelar sebanyak empat seri dan semuanya digelar di Jawa Barat.

Indoclub Championship 2019 akan memperkenalkan kelas eksebisi supermoto s/d 175cc 4tak non built up. Kelas baru ini akan memberi warna baru pada lomba dan tentunya hadiah menarik.

Selain bangga karena naik podium, pembalap yang sukses holeshoot (melewati tikungan pertama di posisi terdepan) bakal mendapatkan bonus sebsar Rp 1 juta. Ini diluar uang pembinaan untuk juara sebesar Rp 5 juta.

"Tahun ini ada balapan eksebisi. Karena masih eksebisi, jadi belum ada handicap. Pembalap akan mendapatkan ban gratis dari FDR," kata Event Director Indoclub, Deny Wajonk kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).

Selain Supermoto, Indoclub Championship 2019 juga menggelar balapan dengan motor MiniGP. Balapan ini dinamakan IndominiGP untuk anak-anak.

"Ini skema pembibitan dari mata rantai yang putus. Biasanya pembalap Indonesia memulai dari motor bebek dulu baru ke motor sport. Padahal ada motor MiniGP yang memang khusus balap. Diharapkan tumbuh bibit-bibit pembalap berbakat," ujar Deny.

Sedangkan kelas-kelas utama seperti 2 tak, indomatic race dan scooter tentu menjadi sajian utama yang ditunggu peserta Indoclub Championship.

 

 

2 of 3

Hadiah Mobil

Supermoto
Ilustrasi balap supermoto (Liputan6.com/Septian Pamungkas)

Indoclub Championship 2019 juga akan disajikan secara kreatif di luar lintasan seperti booth activity, bazzar dan action photo contest yang berhadiah nonton MotoGP ke Sepang.

Karena berdekatan dengan hari Valentine, pembalap wanita nantinya juga akan diberikan bunga sehingga membuat suasana tambah berbeda.

Konsep hadiah di Indoclub dari tahun ke tahun juga makin menarik. Di tahun 2019 ini, diberikan kesempatan memperebutkan 1 (satu) unit mobil untuk tim yang berhasil menjadi juara umum di akhir musim kompetisi.

“Kita tahun 2019 ini ingin memberikan reward lebih kepada tim dan owner yang selama ini belum banyak tersentuh penyelenggara balap pada umumnya. Karena di balik kemenangan pembalap, ada peran yang sangat penting dari owner dan kru," ujar Deny.

Kelas wajib dalam perhitungan total poin untuk memperebutkan satu unit mobil adalah RX-King dan Undebone 125cc Mix engine + Sport 2tak 150cc STD + Underbone mesin tidur. Setiap tim boleh dan dapat menurunkan banyak pembalap.

Misalnya, tim boleh menurunkan lebih dari 4 pembalap, namun tetap yang masuk dalam perhitungan total point untuk memperebutkan juara umum adalah maksimal 2 (dua) pembalap.

"Untuk selanjutnya 2 pembalap tersebut dimasukkan ke dalam perhitungan poin kejuaraan antar tim, berlaku sistem entrance nama tim yang harus didaftarkan sebelum acara berlangsung atau selambat-lambatnya pada saat QTT," ujar pria ramah ini menambahkan.

3 of 3

Peran Sponsor

Khusus untuk pebalap di kelas Kelas Super Pro dan Undebone 125cc Mix engine, juga masih akan memperebutkan hadiah total Rp10 juta pada setiap serinya. Selain itu, kelas ini juga hadir dengan format baru yang akan dibalapkan dua kali, terdiri dari race 1 race 2. Dan berlaku sistem akumulasi poin untuk menentukan perolehan point juara umum di akhir musim.

Sedangkan untuk kategori pemula Indoclub yang terdiri dari 4 (empat) kelas, panitia akan memberikan 1 (satu) unit sepeda motor di akhir musim bagi pebalap yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak. Serta dikategori Indomatic juga akan keluar Juara Umum per seri dengan hadiah uang tunai untuk masing-masing kategori Open dan Pemula.

"Konsistensi dalam gelaran Indoclub Championship tidak terlepas dari support yang selama ini diberikan oleh teman-teman sponsor, adapun sponsor yang terlibat adalah Cargloss Aerox, FDR tire, Antangin, Ravenol oil, Deride, Kawahara, Lenka MiniGP, CLR Racing, Busi Brisk, Bpro Racing, Dalian Carton box, JVT Performance, Racing Boy, RC-3 Parts, AHRS Racing Product, Helm NHK, WRC Knalpot, Indomaret, dan Merburgs,"Deny menjelaskan.

 

Lanjutkan Membaca ↓