Sukses

Tersandung Skandal Pajak, Mourinho Terima Hukuman 12 Bulan Penjara

Skandal pajak menimpa Jose Mourinho saat masih menukangi Real Madrid.

Liputan6.com, Jakarta Jose Mourinho akhirnya dijatuhi hukuman 12 bulan penjara dan denda sebesar 2,2 juta euro atas kasus penggelapan pajak yang dilakukannya. Meski demikian, mantan pelatih Manchester United (MU) dan Real Madrid itu tidak perlu mendekam di balik jeruji besi. 

Skandal penggelapan pajak menjerat Mourinho saat menangani Real Madrid, 2010-13. Tuduhan ini pertama kali mencuat lewat Football Leaks di mana pelatih asal Portugal tersebut dituding mengemplang pajak atas hak citra diri sebesar 3,3 juta euro. 

Dua tahun lalu, perwakilan Mourinho, Gestifute, membantah tudingan itu. Menurutnya, Mourinho telah membayar semua kewajibannya. Namun tahun lalu, dia akhirnya membuat kesepakatan dengan jaksa penuntut yang baru disahkan pengadilan, Selasa lalu. 

Seperti dilansir AS, Jose Mourinho kabarnya telah setuju dengan hukuman 12 bulan penjara dan denda asalkan skandal pajak yang menimpanya berakhir. "Saya tidak menjawab, tidak berdebat. Saya baya, tandan tangan pernyataan saya patuh dan kasusnya ditutup," kata Mourinho kepada wartawan di luar gedung pengadilan Pozuelo de Alarcon, November 2017.

Meski demikian, Mourinho tidak perlu mendekam di penjara karena tuntutannya di bawah 2 tahun.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Hanya Mourinho

Tidak hanya Mourinho yang mengalami tuduhan semacam ini. Sebelumnya, beberapa pemain yang pernah atau masih bermain di La Liga juga mendapat tuduhan yang sama.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang saat ini sudah pindah ke Juventus. Selain Ronaldo, bek Real Madrid, Marcello juga bernasib sama. Begitu juga dengan Lionel Messi. Para pemain ini juga sudah dijatuhi hukuman atas kasus penggelapan pajak.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United