Tersandung Skandal Pajak, Mourinho Terima Hukuman 12 Bulan Penjara

Oleh Marco Tampubolon pada 06 Feb 2019, 17:00 WIB
Diperbarui 06 Feb 2019, 17:00 WIB
Jose Mourinho
Perbesar
Manajer Manchester United asal Portugal, Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Liputan6.com, Jakarta Jose Mourinho akhirnya dijatuhi hukuman 12 bulan penjara dan denda sebesar 2,2 juta euro atas kasus penggelapan pajak yang dilakukannya. Meski demikian, mantan pelatih Manchester United (MU) dan Real Madrid itu tidak perlu mendekam di balik jeruji besi. 

Skandal penggelapan pajak menjerat Mourinho saat menangani Real Madrid, 2010-13. Tuduhan ini pertama kali mencuat lewat Football Leaks di mana pelatih asal Portugal tersebut dituding mengemplang pajak atas hak citra diri sebesar 3,3 juta euro. 

Dua tahun lalu, perwakilan Mourinho, Gestifute, membantah tudingan itu. Menurutnya, Mourinho telah membayar semua kewajibannya. Namun tahun lalu, dia akhirnya membuat kesepakatan dengan jaksa penuntut yang baru disahkan pengadilan, Selasa lalu. 

Seperti dilansir AS, Jose Mourinho kabarnya telah setuju dengan hukuman 12 bulan penjara dan denda asalkan skandal pajak yang menimpanya berakhir. "Saya tidak menjawab, tidak berdebat. Saya baya, tandan tangan pernyataan saya patuh dan kasusnya ditutup," kata Mourinho kepada wartawan di luar gedung pengadilan Pozuelo de Alarcon, November 2017.

Meski demikian, Mourinho tidak perlu mendekam di penjara karena tuntutannya di bawah 2 tahun.  

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan Hanya Mourinho

Manchester United-Juventus-Jose Mourinho
Perbesar
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho bertepuk tangan sambil berjalan meninggalkan lapangan usai pertandingan melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Tidak hanya Mourinho yang mengalami tuduhan semacam ini. Sebelumnya, beberapa pemain yang pernah atau masih bermain di La Liga juga mendapat tuduhan yang sama.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang saat ini sudah pindah ke Juventus. Selain Ronaldo, bek Real Madrid, Marcello juga bernasib sama. Begitu juga dengan Lionel Messi. Para pemain ini juga sudah dijatuhi hukuman atas kasus penggelapan pajak.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya