Sukses

Jose Mourinho Bersalah dalam Kasus Penggelapan Pajak

Jose Mourinho diputuskan bersalah dan mendapat hukuman kurungan penjara selama satu tahun.

- Jose Mourinho mengaku bersalah dalam kasus penggelapan pajak di Spanyol. Mantan pelatih Real Madrid itu divonis satu tahun penjara karena kasus tersebut.

Mourinho tak akan menjalani hukuman penjara sebagaimana yang telah divoniskan. Di Spanyol, pelanggaran pertama yang mendapat hukuman penjara di bawah dua tahun, bisa mendapat penangguhan hukuman.

Namun, ia wajib membayar sebagai ganti dari hukuman tersebut, yaitu sebesar 250 euro per hari selama 24 bulan, atau setara 182.500 euro. Selain itu, Mourinho juga wajib mengembalikan pajak yang gagal ia bayarkan, yaitu mencapai 2 juta euro.

Jose Mourinho bersalah karena tidak melaporkan pendapatan dari penggunaan citra dirinya untuk keperluan komersial oleh perusahaan yang berbasis di Kepulauan Virgin dan Irlandia. Mourinho tidak melaporkan pendapatan tersebut pada pajak tahun 2011 dan 2012, ketika ia masih menjadi pelatih Real Madrid dan merupakan warga fiskal di Spanyol.

Hal itu menjadi masalah besar dan membuat Mourinho menjadi incaran petugas pajak di Spanyol. Jose Mourinho bukanlah tokoh sepak bola pertama yang tersangkut masalah pajak di Spanyol.

Sebelumnya, Cristiano Ronaldo juga bersalah karena dakwaan serupa. Namun, Ronaldo memilih untuk mengembalikan pajak yang gagal ia bayarkan.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga