Indra Sjafri Tak Persoalkan Saddil Absen di Timnas U-22

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 04 Feb 2019, 19:05 WIB
Diperbarui 04 Feb 2019, 19:05 WIB
Indonesia Vs Thailand
Perbesar
Gelandang Timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengontrol bola saat melawan Thailand pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Minggu (23/9/2018). Kedua negara bermain imbang 2-2. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Jakarta - Pelatih Timnas U-22 Indonesia tak panik meski tak bisa diperkuat pemain sayap andalan Saddil Ramdani. Dia menghormati keputusan klub Saddil, Pahang FA yang tak mengizinkan pemainnya bergabung skuat Indra untuk persiapan Piala AFF 2019.

Saddil Ramdani resmi absen di Piala AFF 2019 setelah tak mendapatkan izin dari klubnya. Keputusan itu tak melanggar peraturan karena Piala AFF, ajang yang akan diikuti Timnas U-22, tak masuk dalam kalender resmi FIFA.

"Tidak masalah Saddil gagal bergabung. Secara regulasi ini kan bukan agenda dari FIFA dan itu hampir semua klub di seluruh dunia mematuhinya. Keuntungannya adalah pemain lain bisa muncul," kata Indra Sjafri kepada wartawan di Stadion Madya, Senin (4/2/2019).

Lebih lanjut, Indra Sjafri tak ingin membeda-bedakan pemain yang ada dengan yang berkarier di luar negeri. Menurut dia, semua pemain yang dipanggil untuk pemusatan latihan adalah sosok-sosok yang terbaik.

Kebetulan saja pemain yang bermain di luar negeri tidak mendapatkan izin dari klubnya. Namun, Indra menyebut klub-klub tersebut wajib memberi izin ketika nanti Timnas U-22 mengikuti Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

"Semua yang hadir di sini pemain bintang sepak bola Indonesia. Kebetulan ada yang bermain di luar negeri dan diatur dengan regulasi, jadi kami harus mematuhinya," ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Piala AFC U-23 2020 Wajib

Namun, kata Indra, di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 nanti mereka wajib memberi izin pemainnya. "Sebab, itu agenda wajib dari FIFA. Itu juga sudah dibangun komunikasinya dari sekarang," tegas Indra Sjafri.

Selain Saddil Ramdani,Timnas U-22 juga tak akan diperkuat Egy Maulana Vikri dan Ezra Walian karena alasan yang sama. Kondisi ini menjadi kesempatan buat pemain lainnya membuktikan kualitas untuk masuk skuat inti Piala AFF 2019.

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓