Sukses

Jepang vs Qatar, Berapa Hadiah Juara Piala Asia 2019?

Jepang akan menghadapi Qatar di final Piala Asia 2019, malam ini.

Liputan6.com, Abu Dhabi - Piala Asia 2019 telah memasuki babak final. Duel ini mempertemukan Jepang melawan Qatar di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhabi, Jumat (1/2/2019) pukul 21.00 WIB.

Seperti dinyatakan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) telah menyiapkan uang total 14,8 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 206 miliar kepada para peserta Piala Asia 2019. Itu merupakan hadiah terbesar sepanjang sejarah Piala Asia.

Tak hanya itu, 24 negara yang tampil di Piala Asia 2019 mendapat uang sebesar 200 ribu dolar AS atau setara dengan Rp 2,7 miliar per pertandingan. Total sepanjang pertandingan hingga babak final Piala Asia, sudah ada uang sebesar 4,8 juta dolar AS yang dibagikan hingga babak perempat final.

Dua negara yang tersingkir di semifinal Piala Asia 2019, Iran dan Uni Emirat Arab sudah mengantongi 1 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 1,4 miliar. Hingga babak ini saja, AFC telah mengeluarkan 6,8 juta dolar AS.

Sementara Jepang dan Qatar yang menembus partai final bisa menambah pundi-pundi uang mereka. Nantinya, yang akan menjadi runner up akan membawa pulang 3 juta dolar AS (Rp 41 miliar).

Sedangkan, juara Piala Asia 2019 akan mengantongi 5 juta dolar AS atau senilai dengan Rp 69 miliar. Pemenangnya juga akan membawa trofi kebanggaan di sepak bola Asia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jepang Diunggulkan

Di atas kertas, Jepang lebih diunggulkan ketimbang Qatar. Sebab, Samurai Biru, julukan Jepang sudah empat kali menjadi juara Piala Asia dalam sembilan penampilan.

Jepang terakhir kali menjadi juara Piala Asia pada 2011. Ketika itu, Samurai Biru mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di babak final.

Sementara Qatar belum pernah menjadi juara Piala Asia. Namun, langkah mereka menembus final Piala Asia 2019 menjadi catatan terbaik Qatar di ajang ini. 

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda; Maya Yoshida; Yuto Nagatomo; Hiroki Sakai; Wataru Endo; Takehiro Tomiyasu; Genki Haraguchi; Gaku Shibasaki; Ritsu Doan; Takumi Minamino; Koya Kitagawa.

Qatar: Saad Al Sheeb; Pedro Correia; Al Rawi; Tarek Salman; Hassan Al-Haydos; Abdulaziz Hatem; Assim Madibo; Khoukhi; Akram Afif; Alil Afif; Almoez Ali.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.