Sukses

Solskjaer, Ban Serep Tersukses di Skuat MU

Solskjaer selalu menjadi dewa penolong MU sejak masih menjadi pemain.

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer seperti dewa penolong untuk Manchester United (MU). Dia datang ke Old Trafford sebagai pelatih carataker pada akhir Desember 2018, menggantikan Jose Mourinho.

Ketika itu, MU sedang dalam keadaan berantakan usai kalah 1-3 dari Liverpool dan tertinggal 11 poin dari peringkat empat di Liga Inggris. Namun ketika Solskjaer datang, Setan Merah, sebutan MU, kembali kejam.

Delapan kemenangan beruntun dicatatkan MU bersama Solskjaer. Kemenangan demi kemenangan membuat Setan Merah kini hanya tertinggal tiga poin dari Chelsea, yang berada di peringkat keempat.

Kisah sukses Solskjaer sebagai 'ban serep' ini rupanya sudah terjadi di masa lalu, saat dia masih menjadi striker MU pada 1997 hingga 2006. Ya, Solskjaer merupakan striker pilihan keempat di era Sir Alex Ferguson.

Solskjaer selalu kalah dari Andy Cole, Dwight Yorke, Teddy Sheringham, Ruud van Nistelrooy, hingga Wayne Rooney. Namun, Solskjaer yang menjadi ban serep, selalu menjadi penolong MU.

Buktinya saja pada final Liga Champions 1999. Sempat tertinggal satu gol dari Bayern Munchen di Camp Nou Stadium, gol Solskjaer, yang masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti, di penghujung laga, membawa MU meraih gelar Liga Champions.

Menurut catatan di Liga Inggris, Solskjaer bermain bersama MU dalam 235 pertandingan. Dia mencetak 91 gol dan 37 asisst. Pria kelahiran Norwegia itu meraih 144 kemenangan bersama Setan Merah di Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diakui Mantan Gelandang MU

Sebutan Solskjaer sebagai ban serep tersukses Setan Merah diakui mantan gelandang MU pada 2003 hingga 2008, Chris Eagles. Menurutnya, Solskjaer bisa sukses karena bekerja sangat keras.

"Saya pernah bermain sama Ole. Dia merupakan pemain yang berhasil di level cadangan," kata Eagles, dikutip dari situs resmi MU.

"Dia pria yang hebat. Saya lihat para pemain sangat bersemangat bermain bersamanya. Solskjaer bisa menjadi sangat tanggu. Ole legenda MU tanpa alasan apapun," ujarnya menambahkan.

3 dari 3 halaman

Selalu Berkesan

Eagles mengatakan, selama bermain bersama Setan Merah, dia selalu punya momen indah. Bahkan, berkat Solskjaer, MU bisa memenangkan banyak gelar.

"Setiap kali saya bersama dia sangat berkesan. Saya merasa sangat beruntung berada di MU pada saat klub itu memenangkan banyak trofi," ucap pria berusia 33 tahun itu menegaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Chris Eagles