Sukses

Raih Pendapatan Terbesar, Real Madrid Kalahkan MU dan Barcelona

Real Madrid jadi klub pertama yang meraih pendapatan lebih dari 750 juta euro sepanjang musim 2017/18.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid mengalahkan Manchester United sebagai klub dengan pendapatan terbesar di dunia sepanjang musim 2017/18. Riset ini dilakukan Deloitte Football Money League, yang membongkar bahwa Madrid jadi klub paling kaya.

Real Madrid juga jadi klub pertama yang meraih pendapatan lebih dari 750 juta euro sepanjang musim 2017/18. Hal ini terjadi setelah Los Blancos menjuarai Liga Champios dan Piala Dunia Antarklub di tahun kalender 2018.

Keberhasilan Real Madrid ini membuat MU merosot ke peringkat ketiga. Barcelona merebut peringkat kedua dan Tottenham Hotspur secara mengejutkan menembus 10 besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesuksesan Madrid

Dan Jones, klien Sports Business Group di Deloitte mengatakan mayoritas klub-klub besar Eropa meraih keuntungan masif sepanjang musim lalu. Madrid juga merebut posisi pertama untuk pertama kalinya sejak musim 2014/15, yang membuktikan perkembangan mereka.

"Sepak bola Eropa tetap merupakan pasar yang terus berkembang, dengan pertumbuhan pendapatan tahunan sampai 450 juta euro. Di puncak, kita melihat Real Madrid memecahkan rekor, menjadi klub pertama yang berhasil memecahkan tiga perempat miliar euro dan mengklaim gelar Money League ke-12," kata Jones di fourfourtwo.

"Performa luar biasa Madrid pada 2017/18 dibangun berdasarkan sejarah panjang kesuksesan mereka di lapangan, yang terbaru adalah tiga gelar Liga Champions beruntun."

"Keberhasilan ini membantu klub untuk terus mendongkrak pendapatan komersial karena meningkatnya sponsor yang masuk untuk bekerja sama dengan klub paling sukses di Eropa," lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

Lebih lanjut, Jones juga menyebutkan bahwa kesuskesan klub-klub tersebut meraih pendapatan besar sangat ditentukan oleh Liga Champions. Artinya, kesuksesan di Liga Champions berbanding lurus dengan penghasilan klub.

"Mayoritas top 10 adalah tim-tim yang berhasil lolos dari 16 besar Liga Champions dan memengaruhi pertumbuhan pendapatan lebih lanjut, yang berarti torehan mereka di kompetisi UEFA musim ini akan berdampak pada peringkat tahun depan," tandas dia.

Berikut daftar lengkap klub-klub Eropa dengan pendapatan terbesar pada musim 2017/18 menurut Deloitte Football Money League:

Real Madrid - €750.9m

Barcelona – €690.4m

Manchester United - €666m

Bayern Munich - €629.2m

Manchester City - €568.4m

PSG - €541.7m

Liverpool - €513.7m

Chelsea - €505.7m

Arsenal - €439.2m

Tottenham - €428.3m

Juventus - €394.9m

Borussia Dortmund - €317.2m

Atletico Madrid - €304.4m

Inter - €280.8mAS Roma - €250m

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Bola.net