Sukses

MotoGP: Belum 100 Persen, Cal Crutchlow Ragu Ikut Tes Pramusim di Sepang

Crutchlow terkena cedera parah pada MotoGP Australia 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Andalan LCR Honda Castrol Cal Crutchlow ragu tampil pada tes pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, 6-8 Februari mendatang. Namun, dia menilai proses pemulihan cedera engkel kanannya berjalan baik.

Crutchlow dirundung cedera fraktur pilon pada kaki kanan, usai kecelakaan hebat dalam sesi latihan MotoGP Australia 2018, Oktober lalu.

Akibat cedera ini, ia menjalani dua operasi di Melbourne untuk memperbaiki beberapa keretakan tulang, yakni dua di tulang fibia, satu di tulang fibula serta tulang astragalus yang terpecah menjadi 16 bagian.

Saat ini Crutchlow menjalani masa pemulihan dan rehabilitasi di California, Amerika Serikat. Di sana dia menjalani latihan sepeda secara intensif dengan pesepeda Inggris yang juga sahabatnya, Mark Cavendish.

Crutchlow juga sesekali ditemani rider Alma Pramac Racing, Jack Miller, yang tampil di MotoGP dan rider Dynavolt Intact GP Moto2, Marcel Schrotter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Progres Cepat, Merasa Beruntung 

Akibat cedera ini, Crutchlow juga kesulitan menjalani aktivitas normal. Ia sudah mampu berjalan meski kesulitan, dan masih belum diperbolehkan untuk berlari.

Meski begitu, mengingat ia sudah bisa berlatih sepeda dengan baik, ia merasa beruntung cederanya tak seburuk bayangan. Pasalnya, penderita cedera ini biasanya membutuhkan satu tahun untuk benar-benar pulih.

"Saya melakukan segalanya demi kembali bugar, dan bahkan melanjutkan kehidupan normal, di mana saya bisa berjalan lagi. Jika Anda cari tahu soal fraktur pilon di internet, dibutuhkan 12 bulan untuk sembuh," ungkapnya.

"Orang tak bisa berjalan selama 12 bulan dan mereka menjalani lebih banyak operasi. Mereka benar-benar tertimpa nasib buruk, dan cedera ini memengaruhi kehidupan mereka. Jadi saya rasa saya menjalani masa pemulihan yang sangat baik," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Masih Ragu Soal Uji Coba 

Menjelang musim baru, para pebalap MotoGP pun dijadwalkan menjalani uji coba di Sepang pada 6-8 Februari, yakni setelah para test rider mengaspal lebih dulu pada 1-3 Februari. Crutchlow mengaku bertekad menjalani uji coba tersebut, namun ragu ia bisa tiba di Sepang dengan kondisi kaki yang 100% fit.

"Saya merasa engkel saya sudah kuat. Tak diragukan lagi. Tapi apakah sudah cukup kuat untuk mengendarai motor. Entahlah. Tapi dalam situasi normal, orang bahkan takkan mau lagi naik motor. Tapi sayangnya, itu bukan saya. Jadi saya tak boleh duduk-duduk saja. Saya harus ikut uji coba dua pekan lagi," pungkasnya.

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.