Pelatih Persib Anggap Wajar Pemain Kelebihan Berat Badan

Oleh Huyogo Simbolon pada 19 Jan 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 19 Jan 2019, 21:16 WIB
Persib Bandung latihan

Liputan6.com, Bandung Pelatih fisik Persib Bandung Yaya Sunarya mengakui kondisi fisik beberapa pemain mengalami penurunan. Panjangnya libur kompetisi tak bisa dipungkiri membuat berat badan sebagian pemain meningkat.

Menurut Yaya, peningkatan berat badan pemain bisa dimaklumi. Sebab, sejak Desember 2018 lalu, skuat Persib diliburkan. Sehingga ada beberapa pemain yang dinilai kurang menjaga kondisi fisiknya.

"Kita memang di sesi kompetisi sejak 10 Desember mencoba memberikan relaksasi atau penyegaran mental, tapi yang paling bagus penyegaran mental itu adalah berkumpul dengan keluarga dan ada di daerahnya sendiri. Selama Desember itu kita tidak berikan program," kata Yaya usai latihan di Stadion Arcamanik Bandung, Sabtu (19/1/2019).

Program baru diberikan kepada awak Persib sejak tim dikumpulkan kembali pada Januari 2019 ini. Yaya memberikan program latihan fisik, terlebih kepada dua pemain yang baru bergabung yaitu Esteban Vizcarra dan Ezechiel N'Douassel.

"Apapun hasilnya nanti kalau misalanya ada beberapa pemain yang tentunya mengalami overweight melebihi dari apa yang sudah kita buat di musim sebelumnya, normal saya pikir. Yang penting ketika mereka datang mereka dalam kondisi tidak dalam nol persen," ujarnya.

"Esteban juga datang ke sini perlu adaptasi latihan dengan tim juga. Jadi intinya selama mereka datang kita lebih tenang dalam berikan program latihan karena semakain cepat gabung semakin mempermudah kerja tim pelatih," tambah dia.

2 of 3

Tingkatkan Menu Latihan Fisik

Esteban Vizcarra
Esteban Vizcarra menjalani latihan perdana bersama Persib Bandung, di Stadion GBLA, Sabtu (19/1/2019). (Bola.com/Erwin Snaz)

Jajaran pelatih, kata Yaya, akan terus memacu laju para pemain Persib agar kembali ke kondisi terbaiknya. Menu latihan fisik yang selama ini diberikan kepada pemain akan terus ditingkatkan.

"Ketika mereka datang di sini tentunya adaptasi lagi dengan latihan dan kita tahu musim ini ada pelatih baru, tentunya dengan metode yang beda dengan tahun sebelumnya. Dan ini jadi pekerjaan kita semua, bukan cuma pekerjaan tim pelatih tapi pemain juga. Sebagai pemain profesional, tentunya mereka harus mengejar dan saya yakin mereka tahu diri untuk itu," ujarnya.

 

3 of 3

Disesuaikan Jadwal

Namun, Yaya juga mengatakan untuk memulihkan kembali fisik pemain ke tingkat maksimal, porsi latihan yang diberikan harus disesuaikan dengan jadwal turnamen pramusim.

"Kita masih melihat sambil memperhatikan kompetisi yang akan digelar nanti. Kemudian di masa pertengahan itu ada turnamen Piala Indonesia. Nanti juga ada Piala Presiden tapi selama kompetisi ini tidak menguras waktu banyak mungkin paling menyesuaikan satu hari dua kali," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by