Juventus Vs AC Milan di Jeddah, Kritik Masih Warnai Piala Super Italia

Oleh Windi.Wicaksono pada 16 Jan 2019, 19:50 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 20:15 WIB
AC Milan vs Juventus

Liputan6.com, Jeddah - Piala Super Italia kali ini berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Kebijakan ini pun memunculkan kritik terhadap penyelenggara.

Kontroversi tidak terhindarkan, berkaitan dengan pemilihan venue. Ini terpicu oleh pertanyaan, mengapa juara-juara Scudetto dengan Coppa Italia justru bertarung di luar Italia?

Piala Super Italia kali ini mempertemukan Juventus melawan AC Milan pada dini hari nanti WIB. Jeddah dinilai lokasi yang terlalu jauh dan bisa memperbesar risiko cedera pemain.

Bukan digelar di Italia, Piala Super Italia malah berlangsung di Arab Saudi. Uang tentu saja merupakan alasan kuat menggelar pertandingan AC Milan kontra Juventus di King Abdullah Sports City, Jeddah.

Ini bukan pertama kalinya Piala Super Italia berlangsung di luar negeri. Tercatat sudah 10 kali final Piala Super Italia digelar di luar negeri.

2 dari 3 halaman

Bukan Cuma Arab Saudi

Juventus Vs AC Milan
Supercoppa Italia Juventus Vs AC Milan (Bola.com/Adreanus Titus)

Amerika Serikat pernah menjadi tamu laga Supercoppa pada 1993 bertempat di Washington dan pada 2003 di Giants Stadium di New Jersey.

Pada 2007, Tripoli (Libya) pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Super Italia. Laga itu dikenang ketika pertandingan itu justru diadakan di atas hamparan pasir ketimbang di atas rumput hijau.

3 dari 3 halaman

Qatar Paling Sering

China pernah menyelenggarakan Piala Super Italia pada 2009, di Beijing, 2011 dan Shanghai pada 2015.

Qatar menjadi negeri terfavorit perhelatan Piala Super Italia, yang dimainkan di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha pada 2014 dan 2016.

Saksikan video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓