Jadi Komentator Sepak Bola, Berapa Bayaran Jose Mourinho?

Oleh Marco Tampubolon pada 16 Jan 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 16 Jan 2019, 20:28 WIB
Jose Mourinho

Liputan6.com, Jakarta Jose Mourinho tidak lama menyandang status pengangguran. Tidak sampai sebulan sejak dipecat Manchester United (MU), The Special One telah menemukan pekerjaan baru. 

Seperti dilansir BBC, Mourinho telah menandatangani kesepakatan dengan Bein Sports. Jaringan media yang berbasis di Qatar itu merekrut Mourinho sebagai komentator sepak bola pada pekan ini. 

Mantan pelatih Real Madrid itu bakal menjalani debutnya saat Qatar bertemu Arab Saudi yang akan berlangsung, Kamis (17/1/2019). Kedua negara ini bakal berhadapan di ZSC Stadium, Uni Emirat Arab pada lanjutan babak penyisihan grup E Piala Asia 2019. 

Saat ini, timnas Qatar masih memimpin dengan enam poin dari dua pertandingan. Sementara timnas Arab Saudi menempati urutan kedua dengan poin yang sama.   

Selanjutnya, Jose Mourinho juga bakal menganalisis pertandingan Premier League 2018/19. The Special One bakal mengomentari pertandingan bigmatch akhir pekan yang mempertemukan Arsenal dengan klub yang pernah ditanganinya, Chelsea.  

Mourinho kini masuk dalam deretan bintang sepak bola yang menjadi komentator di Bein. Dia bergabung dengan Zlatan Ibrahimovic, Paul Scholes, Ruud Gullit, Arsene Wenger, Marcel Desailly, Yaya Toure, Nemanja Vidic, Wesley Sneijder, hingga Graeme Souness.

 

2 dari 2 halaman

Dilarang Bicara MU

Ini merupakan keterlibatan dengan media pertama yang dijalin Mourinho sejak dipecat MU, 18 Desember lalu. Pelatih asal Portugal itu diberhentikan manajemen gara-gara penampilan MU yang terus memburuk dan hubungannya yang tidak harmonis dengan sejumlah pemain. 

Sebagai gantinya, MU kemudian menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pelatih caretaker. Di era Solskjaer, Setan Merah berhasil merebut enam kemenangan secara beruntun. 

Dengan pengalaman yang dimiliki, Mourinho sebenarnya tidak sulit mendapatkan pekerjaan baru. Apalagi sejumlah klub kabarnya sudah berniat merekrutnya. Salah satunya adalah klub asal Portugal, Benfica. Namun tawaran yang diajukan Bein sepertinya lebih menggiurkan.  

Seperti dilansir Marca, Mourinho bakal menerima 67,421 eruo atau setara Rp1 Miliar. Meski bakal mengomentari sejumlah pertandingan Premier League, Mourinho kabarnya dilarang berbicara soal pemecatannya dari MU. Ini tercantum dalam surat perjanjian yang ditandatangani The Special One saat menerima tawaran menjadi komentator Bein Sports.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

Manchester United Susah Payah Redam Perlawanan Young Boys
Ekspresi Jose Mourinho saat timnya menjamu Young Boys pada laga lanjutan liga champions yang berlangsung di stadion Old Trafford, Rabu (28/11). Manchester United sukses menang 1-0 atas Young Boys. (AFP/Oli Scarff)
Lanjutkan Membaca ↓