5 Raja Assist di Kompetisi Liga 1

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 15 Jan 2019, 17:25 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 17:13 WIB
Assist Terbanyak

Jakarta Kesuksesan sebuah klub di Liga 1 biasanya tak hanya bergantung pada penyerang yang mampu mencetak gol di setiap pertandingan. Namun, sebuah klub akan jauh lebih beruntung jika memiliki pemain yang juga rajin memberi assist.

Para pemain yang andal mencetak assist biasanya berprofesi sebagai gelandang atau pemain sayap. Namun, belakangan pemain seperti penyerang pun kadang bisa mengambil tugas untuk membuka jalan rekannya untuk mencetak gol.

Pemain-pemain yang jago memberikan assist biasanya lebih mendahulukan kepentingan tim ketimbang pribadi. Hal itulah yang membuat mereka biasanya tidak memiliki sifat egois.

Proses assist yang diberikan pun beragam. Mulai dari umpan silang, umpan panjang, atau sekadar umpan dari jarak dekat yang siap dituntaskan oleh pemain terdekat menjadi gol.

Kemampuan mencetak asisst memang dimiliki semua pemain jika dalam posisi dan situasi yang tepat. Namun, padanya kenyataannya ada pemain-pemain yang memiliki naluri memberi umpan lebih baik ketimbang lainnya.

Lantas, siapa saja pemain-pemain yang punya keahlian menjadi menjadi pembantu pencetak gol klub di Liga 1 2018? Berikut ini 5 pemain yang layak mendapatkan predikat Raja Assist di Liga 1 2018 versi Bola.com:

2 dari 6 halaman

Nick van der Velden

Gelandang Bali United, Nick van der Velden, berebut bola dengan bek Persija Jakarta, Ismed Sofyan, pada final Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Persija menang 3-0 atas Bali United. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nick van der Velden mampu mempertahankan penampilan gemilangnya bersama Bali United pada Liga 1 2018. Pemain asal Belanda itu sukses tampil sebanyak 24 pertandingan dan mencetak satu gol dan sembolan assist.

Kehadiran Van der Velden di lini tengah membuat alur serangan Bali United menjadi mematikan. Namun, hal itu tak mampu memberikan prestasi buat klub berjuluk Pasukan Tridatu.

Bali United menutup musim di peringkat ke-11 klasemen akhir Liga 1 2018. Klub kebanggaan masyarakat Pulau Dewata hanya mengumpulkan 45 poin hasil 12 kemenangan, sembilan kali imbang, dan 13 kali kalah. 

3 dari 6 halaman

Riko Simanjuntak

Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, menggiring bola saat melawan Mitra Kukar pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Minggu (9/12). Persija menang 2-1 atas Mitra. (Bola.com/Yoppy Renato)

Riko Simanjuntak tampil memesona dalam musim perdananya bersama Persija Jakarta. Pemain asal Pematang Siantar itu langsung mencuri perhatian karena tampil apik di sektor sayap kanan Macan Kemayoran.

Dalam 27 laga yang dimainkannya, Riko sukses melepaskan sembilan assist yang berbuah gol untuk Persija. Selain itu, pemain berpostur 160 cm itu juga mencetak tiga gol.

Penampilan apik Riko sejalan dengan prestasi yang diraih Persija yakni sebagai kampiun Liga 1 2018. Kini, Riko harus mampu menjawab tantangan untuk memberikan penampilan konsisten di 2019.

4 dari 6 halaman

Bruno Silva

Bruno Silva, belum memastikan masa depan di PSIS Semarang. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

PSIS Semarang tak salah mendatangkan Bruno Silva pada Liga 1 2018. Pemain asal Brasil itu langsung tampil tajam bersama Laskar Mahesa Jenar.

Bruno Silva tercatat menyumbang sembilan assist dalam 31 laga yang dimainkannya bersama PSIS. Selain itu, pemain berusia 27 tahun juga tampil tajam dengan menyumbang 16 gol untuk PSIS.

Namun, romantika Bruno Silva dengan PSIS hanya bertahan selama semusim. Pemain berpostur 188 cm itu resmi hengkang dan bergabung dengan klub kasta kedua Arab Saudi, Al Ain.

5 dari 6 halaman

Dedi Hartono

Pemain Mitra Kukar, Dedi Hartono saat melawan Persib Bandung pada laga Liga 1 Indonesia di GBLA, (8/4/2018).  (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Dedi Hartono langsung tampil mengesankan pada musim perdananya bersama Mitra Kukar. Pemain berusia 31 tahun itu sukses mencetak sembilan assist dalam 34 penampilannya bersama pasukan Naga Mekes.

Selain andal dalam urusan mencetak assist, pemain berpostur 165 tahun itu juga tercatat mencetak tiga gol. Sayang, penampilan apik Dedi tak sejalan dengan pencapaian Mitra Kukar.

Klub kebanggaan masyakat Kutai Kertanegara itu harus turun kasta ke Liga 2. Mitra Kukar finis di peringkat ke-16 dengan raihan 39 poin hasil 12 kali kemenangan, tiga kali imbang, dan 19 kali kalah.

6 dari 6 halaman

Rizky Pora

Pemain Barito Putra, Rizky Pora saat melawan Bhayangkara FC pada laga Liga 1 2017 di Stadion Patriot, Bekasi, (4/7/2017). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Predikat pemain yang paling banyak mencetak assist di Liga 1 2018 jatuh pada gelandang Barito Putera, Rizky Pora. Pemain berusia 29 tahun itu tercatat memboring sembilan assist sepanjang musim lalu.

Sayang, penampilan apik Rizky Pora tak sejalan dengan pencapaian Barito Putera di Liga 1 2018. Pasukan Jacksen F Tiago itu hanya mampu bertengger di peringkat kesembilan klasemen akhir.

Namun, musim ini jasa Rizky Pora masih digunakan Barito Putera. Dengan demikian, seluruh publik Bumi Mangkurat berharap pada kontribusi besar Rizky Pora untuk membantu klubnya meraih prestasi di Liga 1 2019.

Lanjutkan Membaca ↓