5 Bintang Liga Inggris Berstatus Bebas Transfer Musim Depan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 14 Jan 2019, 20:00 WIB
Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Fulham pada laga Premier League di Stadion Emirates, London, Selasa (1/1). Arsenal menang 5-1 atas Fulham. (AFP/Glyn Kirk)

Jakarta - Lima bulan lagi kompetisi Liga Inggris 2018/19 akan berakhir. Dalam periode tersebut, ada beberapa pemain yang berusaha mendapatkan klub baru karena kontraknya di klub masing-masing segera habis.

Di Liga Inggris, tak mudah bagi pemain untuk pindah klub pada bursa transfer Januari 2019. Biasanya, manuver klub-klub pada Januari tak seagresif saat musim panas. 

Klub-klub juga biasanya memilih bersabar menunggu beberapa bulan lagi untuk mendapatkan buruannya secara gratis. Mereka akan lebih diuntungkan jika bisa mendatangkan pemain berstatus bebas transfer.

Jika skenarionya seperti itu, klub hanya perlu memikirkan gaji sang pemain. Anggaran untuk transfer bisa dihemat.

Berikut ini lima bintang Liga Inggris yang akan berstatus bebas transfer pada musim panas 2019, seperti dilansir Sportkeeda, Minggu (6/1/2019).

 

2 of 6

Vincent Kompany

Sarjana, Pesepak Bola, Andres Iniesta
Kapten Manchester City, Vincent Kompany. (AFP/Ben Stansall)

Kapten Manchester City, Vincent Kompany, menghabiskan mayoritas dari 10 tahun terakhir kariernya di Etihad Stadium. Dia bahkan telah menyandang status sebagai satu di antara bek terbaik di Premier League dalam dekade ini.

Pemegang tiga gelar Premier League itu masih menunggu kontrak baru dari petinggi City. Namun, City terlihat ragu-ragu memperpanjang kontrak karena rekor cedera sang kapten.

Dalam dua tahun terakhir, Kompany terus direcoki cedera. Dia juga sulit konsisten tampil rutin di setiap pekan. Alhasil, City mulai mencari bek tengah tangguh yang bisa tampil lebih konsisten.

Barcelona dikabarkan menunjukkan ketertarikan memboyong Kompany. Namun, Kompany kemungkinan sulit menolak jika City menyodorkan kontrak baru. Jika kontraknya diperpanjang, Kompany juga kemungkinan tak mendapat jaminan bisa masuk starting line up.

 

3 of 6

James Milner

Final Liga Champions-Liverpool-Real Madrid
Gelandang Liverpool, James Milner. (AFP Photo/Paul Ellis)

Sulit dipercaya James Milner telah berusia 33 tahun. Dia pemain serbabisa yang bisa mengisi hampir di semua posisi.

Kontraknya di Liverpool tinggal tersisa dalam hitungan bulan. Kontribusi Milner di Liverpool tak perlu dipertanyakan. Baru-baru ini dia masuk klub elite berisi pemain-pemain yang sudah memainkan minimal 500 pertandingan di Premier League.

Namun, masa depannya di The Reds belum jelas. Kembali ke Leeds United bisa menjadi alternatif terbaik bagi Milner.

 

4 of 6

Olivier Giroud

Gol Giroud Menangkan Chelsea Atas Liverpool
Striker Chelsea, Olivier Giroud. (AFP Photo/Glyn Kirk)

Chelsea memiliki beberapa pemain senior berusia di atas 30 tahun yang bisa melenggang bebas dari klub pada akhir musim ini.

Giroud awalnya meneken kontrak berdurasi 18 bulan saat didatangkan dari Arsenal. Meski tak terlalu sering mencetak gol, kontribusinya untuk tim tidak bisa dipandang sebelah mata. Dia juga berperan membantu Timnas Prancis menjuarai Piala Dunia 2018.

Mengingat Chelsea sedang mengalami krisis lini depan akibat buruknya penampilan Alvaro Morata, akan sangat mengejutkan jika mereka tak menawarkan perpanjangan kontrak kepada Giroud.

 

5 of 6

Ashley Young

Watford vs Manchester United
Gelandang Manchester United, Ashley Young. (AP/Andrew Matthews).

Manchester United memiliki tujuh pemain senior yang bakal habis kontraknya pada musim panas 2019. Pemain seperti Phil Jones, Ander Herrera, dan Andreas Perreira belum juga disodori kontrak baru.

Menurut Sky Sport Italia, kapten klub Antonio Valencia bahkan berencana hijrah ke Inter Milan.

Wakil kapten, Ashley Young, juga bakal berstatus bebas transfer pada musim panas ini. Menurut Manchester Evening News, MU sedang memulai proses negosiasi dengan beberapa pemain termasuk Ashley Young. Dia merupakan salah satu pemain terbaik Setan Merah pada musim ini.

 

6 of 6

Aaron Ramsey

Aaron Ramsey
Gelandang Arsenal asal Wales, Aaron Ramsey. (AFP/Adrian Dennis)

Pemain yang paling menyedot perhatian adalah Aaron Ramsey. Beberapa klub dikabarkan mengincar pemain Arsenal itu, antara lain Juventus, Real Madrid, dan Paris Saint-Germain.

Pindah ke Turin untuk memperkuat Juventus merupakan salah satu alternatif yang disukai Ramsey.

Daily Mail mengklaim Juventus ingin memboyong pemain Wales itu pada Januari ini. Namun, Arsenal meminta Juventus juga melepas Medhi Benatia ke Emirates sebagai bagian transfer Ramsey.

Juventus tampaknya tak menyetujui klausul tersebut. Juventus juga tak mau merogoh kocek dalam-dalam untuk pemain yang bisa mereka dapatkan secara gratis pada akhir musim.

Lanjutkan Membaca ↓