5 Bintang yang Gagal Bersinar di Liverpool

Oleh Nurfahmi Budi pada 14 Jan 2019, 20:15 WIB
nuri-sahin-liverpool-01-130111c.jpg

Liverpool - Dengan nama besar, Liverpool dari dulu selalu jadi magnet bagi pemain. Klub asal kota pelabuhan di Inggris ini juga punya sejarah dan tradisi kuat di Liga Inggris.

Tak heran, banyak bintang sudah berseliweran dengan kostum Liverpool, baik yang harum maupun sekadar mencatatkan namanya di Anfield.

Berdiri pada 1892, Liverpool sudah memenangkan 18 gelar liga, 5 Liga Champions dan 7 trofi FA Cup. Kenny Dalglish, Steven Gerrard atau Luis Suarez merupakan pemain yang berhasil menjadi ikon di Anfield. Mereka tampil menonjol bagi Liverpool, sekaligus menjadi pemain favorit Liverpudlian.

Namun, ada juga pemain yang tidak berhasil memberikan kesan mendalam setelah datang ke Liverpool. Karier mereka cukup singkat di Liverpool dan nama-nama tersebut nyaris terlupakan.

Berikut ini lima pemain yang gagal memenuhi ekspektasi di Liverpool seperti dilansir Sportkseeda.

 

img_kyrgiakos.jpg
Centre-back internasional Yunani dan AEK Athens, Sotirios Kyrgiakos, diincar manajer Liverpool, Rafael Benitez. (Mail)

Sekjen PSSI Diperiksa Terkait Pengaturan Skor Pertandingan

Tutup Video
2 of 6

Sotirios Kyrgiakos

Mantan pemain internasional Yunani, Sotirios Kyrgiakos bergabung dengan Liverpool dari AEK Athens pada bursa transfer musim panas 2009. Kyriakos bermain dalam 30 pertandingan di Premier League, dan mencetak tiga gol.

Dia mendapat banyak pujian atas penampilannya untuk The Reds dan dianugerahi penghargaan pemain terbaik Liverpool bulan Oktober 2010. Lulusan akademi Panathinaikos itu meninggalkan Liverpool bergabung dengan Wolfsburg pada tahun 2011 dan juga sempat menjalani masa peminjaman dengan Sunderland sebelum pensiun dari sepak bola profesional dengan Sydney Olympic pada 2014.

 

3 of 6

Nabil El Zhar

img_el-zhar_1.jpg
Salah satu selebrasi gol dari penyerang Liverpool asal Maroko, Nabil El Zhar. (skymedia)

Banyak yang diharapkan dari Nabil El Zhar ketika Liverpool mendatangkan sang pemain dari Saint-Etienne pada 2006. Namun, ia gagal memaksimalkan asa tersebut dan hanya bermain 32 laga di semua ajang kompetisi selama lima tahun bersama The Reds.

Lalu, pemain berkebangsaan Maroko itu bergabung ke Levante dengan status bebas transfer pada 2011. Ia bermain 94 laga dengan mencetak tujuh gol bersama Granotas sebelum pindah ke Las Palmas pada 2015.

Dia membantu Las Palmas yang baru promosi membangun diri di divisi teratas Spanyol dan mencetak empat gol dalam 32 penampilan untuk La Union Deportiva. Pemain berusia 32 tahun pindah ke CD Leganes pada 2013.

Penampilan El Zhar di level klub juga membuatnya mendapat kesempatan bermain di tim nasional Maroko untuk kali pertama pada 2008, Ia merasakan 10 pertandingan dengan mencetak dua gol untuk Atlas Lions.

 

4 of 6

Nicolas Anelka

img_nicolas_anelka.jpg
Chelsea's French forward Nicolas Annelka takes part in a training session at Anfield in Liverpool, north west England on April 21, 2008./PAUL ELLIS

Nicolas Anelka memulai karir profesional bersama PSG dan direkrut Arsenal pada 1997. Anelka menikmati kesuksesan bersama The Gunners dan membantu klub memenangkan gelar Premier League selama musim 1998-1999.

Dia bermain dalam 65 pertandingan Premier League dengan mencetak 23 gol, sebelum 'terbuang' ke Real Madrid pada 1999. Namun, ia meninggalkan Bernabeu setelah hanya satu musim dan kembali ke mantan klubnya, PSG pada 2000.

Liverpool mengontraknya dengan status pinjaman dari PSG pada 2002. Ia memainkan 20 laga dengan mencetak empat gol bagi The Reds selama masa pinjamannya.

Anelka bermain untuk 12 klub berbeda selama karier dan gantung sepatu pada 2015 setelah bermain dengan klub Liga Super India, Mumbai City FC.

 

5 of 6

Nuri Sahin

nuri-sahin-130129c.jpg
Nuri Sahin

Sahin memulai karier bersama Borussia Dortmund dan merupakan pemain penting BVB sebelum bergabung dengan Real Madrid pada 2011. Dia membantu Dortmund memenangkan gelar Bundesliga dan mendapat penghargaan pemain terbaik Liga Jerman.

Namun, Sahin hanya berhasil tampil dalam empat pertandingan La Liga selama musim debutnya bersama Los Blancos dan bergabung ke Liverpool dengan status pinjaman pada awal 2012-2013. Sahin gagal bersinar di Liverpool dan masa peminjamannya dihentikan The Reds setelah berjalan lima bulan.

Pemain internasional Turki itu bergabung dengan mantan klubnya Borussia Dortmund pada Januari 2014 dan pindah permanen pada bursa transfer musim panas 2014. Dia memainkan 78 pertandingan di Bundesliga dengan mencetak delapan gol pada periode keduanya dengan BVB. Lalu, ia bergabung dengan Werder Bremen pada bursa transfer musim panas lalu.

 

6 of 6

Brad Friedel

img_friedel-040312.jpg
Ekspresi kiper Tottenham Hotspur asal AS, Brad Friedel, di laha lanjutan EPL menghadapi Liverpool di White Hart Lane, 18 September 2011. AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS

Legenda Premier League Brad Friedel memulai karier bersama Brondby. Ia pernah berkostum Galatasaray dan Colobus Crew, sebelum bermain di Premier League bersama Liverpool pada tahun 1997.

Namun, Friedal hanya menjadi kiper pelapis dan membuat 25 penampilan di Premier League selama tiga tahun di Anfield. Dia meninggalkan Liverpool menuju Blackburn Rovers pada 2000 dan membantu Riversiders promosi ke Premier League pada musim pertamanya di klub.

Mantan pemain internasional Amerika Serikat itu memainkan 285 pertandingan di liga bersama Blackburn Rovers dan merupakan bagian dari PFA Team of the Season 2002-2003. Dia pindah ke Aston Villa pada tahun 2008, sekaligus pernah bermain bareng Tottenham sebelum memutuskan pensiun dari sepak bola profesional pada 2015.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓