Sukses

Mengenal Gelandang Anyar Persija dari Uzbekistan

Jahongir Abdumuminov diproyeksikan menggantikan peran Rohit Chand di Persija

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta resmi merekrut Jahongir Abdumuminov. Gelandang asal Uzbekistan tersebut diproyeksikan mengisi peran Rohit Chand.

Rohit belum memberikan kepastian bakal bergabung kembali dengan Persija, sementara kontraknya habis pada 31 Desember 2018. Manajemen klub lantas bergerak cepat menggaet Abdumuminov dengan durasi kontrak satu musim.

Menurut data Transfermarkt, Abdumuminov pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah. Namun, dia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan.

Dari data itu, Abdumuminov tidak lebih baik jika dibandingkan Rohit dari posisi bermain. Pasalnya, Rohit tidak hanya piawai bermain sebagai gelandang tengah maupun bertahan, tetapi juga fasih ketika diperlukan tampil di bek tengah.

Meski di atas kertas tidak lebih baik, tentu masih terlalu dini menilai kepantasan Abdumuminov berseragam Persija. Sang pemain juga belum berlatih sepenuhnya bersama skuat karena masih kelelahan akibat perjalanan dari Uzbekistan.

"Ya belum tahu. Kami belum melihat permainan dia secara langsung. Dia kan baru joging-joging saja, jadi belum bisa dinilai," kata asisten pelatih Persija, Mustaqim, setelah sesi latihan, Jumat (11/1/2019). 

Sebelum bergabung dengan Persija, Abdumuminov membela klub Tajikistan, FC Istiklol. Namun, pemain 25 tahun itu lebih lama berkarier di negara asalnya bersama FK Mash'al (2010-2014), AGMK (2015), Metallurg Bekabad (2016-2017) dan Sogdiana (2018).

Abdumuminov berhasil mengantarkan FK Mash'al menjuarai Liga Uzbekistan kasta kedua pada 2013. Selain itu, dia juga membawa tim yang lahir pada 1984 itu menjuarai Piala Uzbekistan (2014).

Performa apik membuat Abdumuminov menuai panggilan negera. Dia dipercaya bermain di berbagai rentang usia, yakni U-19 sebanyak enam penampilan, U-20 (2), U-23 (3), dan senior (2).

Akan tetapi, Jahongir Abdumuminov sudah lama vakum membela timnas. Kali terakhir sang pemain berseragam Uzbekistan adalah ketika bersua Yordania, 15 Agustus 2012.

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.