3 Pemain yang Pernah Berkostum MU dan Tottenham

Oleh Luthfie Febrianto pada 12 Jan 2019, 07:00 WIB
Michael Carrick

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur bakal meladeni Manchester United (MU) dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Melihat lima duel terakhir, laga akhir pekan nanti diprediksi bakal berlangsung sengit.

Dari lima pertemuan terakhir, Spurs meraih tiga kemenangan sementara MU dua kemenangan. Merujuk hal itu, duel di Wembley nanti tampaknya bakal menghasilkan banyak gol.

Bagi MU, laga ini jadi ujian sesungguhnya setelah ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Pada lima laga sebelumnya, MU selalu meraih kemenangan sejak ditangani mantan pemainnya tersebut.

Namun, lima kemenangan itu diraih atas tim yang secara peringkat ada di bawah MU. Setan Merah saat ini berada di peringkat enam klasemen Liga Inggris.

Sementara itu bagi Spurs, pertandingan melawan MU harus dimenangkan jika ingin menjaga persaingan merebut gelar juara Liga. Spurs masih duduk di peringkat tiga.

Terlepas dari duel di lapangan, kedua tim ternyata cukup 'akrab' di bursa transfer. Seperti dilansir Bleacher Report, berikut tiga pemain yang pernah berkostum MU dan Spurs:

Kesiapan Priscilla Lumban Gaol untuk Hadapi Petarung India di One Championship

Tutup Video
2 of 4

1. Teddy Sheringham

Interview Teddy Sheringham
Teddy Sheringham (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sheringham bergabung dengan Spurs pada musim 1992 dari Nottingham Forest. Bermain hingga 1997 bagi Spurs, Sheringham mencetak 166 penampilan dan 75 gol.

Ia lalu pindah ke MU dan bermain di sana hingga 2001. Salah satu momen emas Sheringham bersama MU hadir di final Liga Champions 1998/99.

Di Nou Camp, Sheringham mencetak salah satu dari dua gol kemenangan dramatis MU atas Bayern Munchen. Di musim itu pula, Sheringham mempersembahkan treble bagi Setan Merah.

Siapa sangka, Sheringham lalu kembali ke Spurs di musim 2001. Pada periode keduanya, Sheringham bermain 70 kali dan mencetak 22 gol sebelum pindah ke Portsmouth pada 2003.

3 of 4

2. Dimitar Berbatov

Pembajakan Pemain, Transfer Pemain, Bursa Transfer
Dimitar Berbatov. (AFP/Andrew Yates)

Dimitar Berbatov mengikuti jejak Sheringham yang pindah dari Spurs ke MU. Striker asal Bulgaria ini hengkang ke MU pada 2008 dengan harga 30 juta pound sterling atau sekitar Rp 538 miliar.

Bisa dibilang, Berbatov tidak terlalu mengilap saat bermain bagi MU. Maklum, pamornya kalah bersaing dengan Cristiano Ronaldo yang menjadi idola fans.

Meskipun begitu, Berbatov sukses mencatatkan 149 penampilan dan 56 gol. Ia juga berjasa mempersembahkan enam trofi bagi MU.

4 of 4

3. Michael Carrick

Michael Carrick
Gelandang Manchester United asal Inggris, Michael Carrick. (dok. Manchester United)

Michael Carrick boleh jadi eks pemain Spurs yang paling sukses saat berkostum MU. Didatangkan pada 2006, Carrick menjelma menjadi salah satu legenda Setan Merah.

Ia bahkan kini menempati salah satu pos di deretan pelatih MU. Total, 464 penampilan dan 24 gol berhasil ditorehkannya.

Untuk urusan trofi, Carrick telah mengoleksi 19 gelar bersama MU. Tiga di antaranya adalah hattrick juara Liga Inggris secara beruntun.

Partai melawan Watford di musim 2017/18 menjadi laga terakhir Carrick berkostum MU. Di laga itu, Carrick menyumbang assist terhadap gol kemenangan 1-0 MU atas Watford.

Lanjutkan Membaca ↓