Sukses

Barcelona Dihajar Levante, Valverde Bantah karena Rotasi Pemain

Barcelona tidak diperkuat Lionel Messi dan Luis Suarez saat kalah 1-2 dari Levante pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey.

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak menurunkan sejumlah pemain intinya melawan Levante dalam laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (11/1/2019) dini hari WIB. Tak ada Lionel Messi dan Luis Suarez dalam daftar susunan pemain. Begitu juga dengan Gerard Pique dan Ivan Rakitic.

Hasilnya, Barcelona kalah 1-2 dari tuan rumah Levante. Barcelona kebobolan dua gol di babak pertama dari aksi Erick Cabaco dan Borja Mayoral. Barcelona hanya bisa membalas lewat Philippe Coutinho dari titik penalti.

Valverde menyebut kekalahan itu bukan karena keputusannya memainkan sejumlah pemain cadangan Bacelona. Sebab, ia menilai para pemain yang tampil adalah pemain terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan karena Pilihan Pemain

"Para pemain saya pilih untuk bermain adalah mereka yang saya pikir bisa memberi kami peluang terbaik untuk meraih kemenangan," ucap Valverde, dikutip dari Diario Sports.

"Kami perlu menyadari fakta bahwa kami juga harus melakukan rotasi pemain dan melakukan hal ini untuk melindungi pemain dari risiko cedera, baik itu di La Liga, Copa del Rey, maupun di Eropa," ujar pelatih berusia 54 tahun.

Meskipun kalah, Barca belum tersingkir dari Copa del Rey. Masih ada leg kedua yang akan digelar di Camp Nou pada 18 Januari mendatang. Barca masih punya peluang untuk mempertahankan gelar.

3 dari 3 halaman

Dukungan Pemain

Senada dengan Valverde, Carles Alena juga menyebut rotasi pemain tidak bisa disebut sebagai faktor kekalahan Barca. Bagi pemain berusia 21 tahun tersebut, Barca kalah karena bermain jelek baik pada tingkat individu maupun secara kolektif.

"Kami tidak bisa memakai rotasi pemain jadi alasan. Satu-satunya hal yang penting adalah kami tidak bermain baik secara individu dan kolektif. Kami tidak bermain pada level yang kompetitif dan Anda bisa melihat itu," ucap Alena.

"Tapi, kami beruntung masih punya 90 menit dan Camp Nou dan kami akan menjadi unggulan di sana," ucap Alena.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.