Menang Lawan Leganes, Real Madrid Terus Mencari Konsistensi

Oleh Defri Saefullah pada 10 Jan 2019, 17:50 WIB
Diperbarui 11 Jan 2019, 08:16 WIB
Sergio Ramos Cetak Gol ke-100

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid terus mencari konsistensi permainan usai mengalahkan Leganes pada leg pertama 16 besar Copa del Rey di stadion Bernabeu, Kamis (10/1/2019). Hingga saat ini, Madrid belum menemukan konsistensi di bawah pelatih Santiago Solari.

Terbukti pada dua laga awal 2019, Real Madrid malah tampil melempem. Madrid gagal kalahkan Villarreal usai skor berakhir 2-2.

Yang lebih mengejutkan, Real Madrid kalah di Bernabeu pada akhir pekan lalu. Madrid dipermalukan Real Sociedad 0-2 pada pekan ke-18 La Liga tersebut.

Dilihat dari susunan pemain, tak banyak yang berubah dari Real Madrid yang akhir tahun lalu memenangi trofi Piala Dunia Antarklub. Yang menjadi masalah adalah konsistensi permainan.

Untuk saat ini belum ada lagi goalgetter yang bisa diharapkan Real Madrid. Sepeninggal Cristiano Ronaldo, Karim Benzema dan Gareth Bale belum memenuhi harapan Madrid.

Kehadiran striker muda, Vinicius Jr juga belum bisa dijadikan jaminan. Wonderkid Marco Asensio juga masih angin-anginan dan sulit untuk diandalkan di lini depan.

Belum konsistennya permainan Real Madrid membuat masa depan Solari kembali dipertanyakan. Kini, wacana untuk memboyong kembali Jose Mourinho ke Bernabeu kembali mencuat.

"Kami berupaya mengerahkan upaya dan energi dalam setiap pertandingan. Ada begitu banyak laga sepanjang tahun," kata Solari seperti dikutip dari situs resmi Real Madrid.

"Setiap kompetisi memiliki sifatnya masing-masing. Sekarang, Real Madrid akan berjuang meraih gelar juara Copa del Rey, sama seperti dalam semua kompetisi lainnya," ujarnya menambahkan.

Akibat kurangnya konsistensi ini, Real Madrid juga jauh tertinggal dari Barcelona di klasemen Liga Spanyol. Los Blancos tertinggal 10 poin dari Barcelona yang masih kokoh di puncak klasemen.

 

 

2 dari 3 halaman

Vinicius Alami Kemajuan

Real Madrid vs Leganes
Striker Real Madrid, Vinicius Junior (kiri) berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Leganes pada laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey di Santiago Bernabeu, Rabu (9/1). Real Madrid sukses mengandaskan Leganes dengan skor 3-0 (AP/Manu Fernandez)

Salah satu faktor yang juga membuat Solari gembira yaitu makin berkembangnya penampilan Vinicius Jr. Striker muda Madrid ini turut mencetak satu gol dan assist saat menang 3-0 atas Leganes.

Tak aneh kalau Solari sangat gembira melihat permainan pemain mudanya itu. Menurut Solari, Vinicius terus menunjukkan kemajuan di Real Madrid.

"Dia mengalami banyak kemajuan. Dia selalu punya bakat, tapi bisa menunjukkannya di Bernabeu mengindikasikan dia punya percaya diri dan kesegaran," kata Solari seperti dikutip Marca.

"Dia membawa kesenangan dan dia baru 18 tahun. Sepak bola itu butuh ledakan dan setelah itu mempertahankan bakat, Vinicius punya kemampuan untuk mendobrak pertahanan."

Vinicius makin menggerogoti posisi yang biasa ditempati oleh Isco. Kini gelandang asal Spanyol itu semakin tersisih di formasi utama Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Rekrutan Anyar

Aksi Pemain Baru Real Madrid Brahim Diaz di Bernabeu
Pemain baru Real Madrid, Brahim Diaz mengontrol bola saat diperkenalkan di Santiago Bernabeu (7/1). Diaz direkrut Madrid dari Manchester City dengan dana 17,3 juta euro (Rp 281 miliar) plus 7,3 juta euro (Rp 118 miliar). (AP Photo/Manu Fernandez)

Solari juga pantas menanti rekrutan anyar selain Brahim Diaz di bursa transfer Januari. Kalau mendapatkan pemain yang signifikan, ini bisa membantu targetnya untuk meraih minimal dua trofi di akhir musim yaitu Copa del Rey dan Liga Champions.

Hingga saat ini, banyak pemain yang dikaitkan dengan Real Madrid. Dua nama besar yang kini digadang-gadang gabung Madrid yaitu Eden Hazard dan Mauro Icardi.

Belum ada kejelasan apakah Madrid bisa memboyong dua pemain bintang ini di bursa transfer Januari. Maklum, keduanya tentu masih dibutuhkan klub masing-masing.

Selain kedua bintang tersebut, Madrid juga kencang dihubungkan dengan Cristian Eriksen, gelandang Tottenham Hotspur. Ini tentu menjadi sinyal bagus kalau target-target ini gabung Madrid.

Meski begitu, jalan panjang masih harus dilalui Solari. Apalagi nama Jose Mourinho terus membayanginya hingga akhir musim nanti.

Lanjutkan Membaca ↓