3 Tuntutan Mourinho Jika Kembali Latih Real Madrid

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 10 Jan 2019, 07:00 WIB
3 Alasan Manchester United Segera Pecat Jose Mourinho

Liputan6.com, Jakarta Jose Mourinho siap untuk kembali ke dunia sepakbola. Pelatih asal Portugal itu, sebelumnya dipecat Manchester United (MU) menyusul performa buruk anak asuhnya.

Puncak kekesalan manajemen MU adalah saat Setan Merah dikalahkan rival sengitnya Liverpool.

Sejak meninggalkan jabatannya di MU, pemenang dua kali Liga Champions itu sudah tidak bekerja. Meskipun, banyak tim-tim papan atas terus memantau situasi Mourinho.

Benfica baru-baru ini membuat pendekatan untuk mantan bos mereka. Itu setelah klub yang berbasis di Lisbon itu, berpisah dengan manajer mereka Rui Vitoria.

Tapi, Mourinho telah menolak minat Benfica, dan tampaknya akan bertahan untuk tawaran dari klub yang sedikit lebih besar.

Satu klub yang masuk di radarnya adalah tim lain yang pernah ia kelola, yakni Real Madrid. Namun, itu pun dengan mengajukan beberapa syarat.

2 of 4

Jaminan Dana

Manchester United-Juventus-Jose Mourinho
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho bertepuk tangan sambil berjalan meninggalkan lapangan usai pertandingan melawan Juventus pada grup H Liga Champions di Old Trafford, Inggris (23/10). Juventus menang atas MU 1-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Mourinho menginginkan jaminan atas berapa banyak uang yang harus dia keluarkan jika menangani Real Madrid. Mourinho adalah tipe pelatih yang sangat royal dalam urusn belanja pemain.

Sebelum dipecat, Mourinho pernah mengeluhkan soal sedikitnya dana yang tersedia untuknya di bursa transfer. Padahal, sejak ia menjadi manajer, MU berada di urutan kedua klub yang boros belanja pemain dari enam tim besar Liga Inggris.

"Saya tidak tahu apakah kami akan mendatangkan pemain baru atau tidak. Ya, tentu saja saya ingin melakukannya, tetapi di sisi lain saya juga tidak tahu apakah hal itu bisa diwujudkan atau tidak," ujar Mourinho seperti dilansir ​Four Four Two.

3 of 4

Pemain Handal

Jose Mourinho
Mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho. (AFP/Oli Scarff)

Syarat lain yang diminta Mourinho kepada Presiden Real Madrid, Florentino Perez, adalah ketersediaan pemain. Mourinho melihat Madrid membutuhkan perbaikan di sektor belakang dan depan.

Real Madrid kehilangan ketajaman setelah bintang mereka Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus. Di sisi lain, musim ini gawang Madrid sering kebobolan.

Hal ini sempat mendapat perhatian dari Luka Modric. "Gol yang hilang dan lebih banyak kekompakan di lapangan. Di kandang, mereka sering mencetak gol ke gawang kami dan kami tidak mencetak banyak gol balasan," ucapnya seperti dilansir Goal International.

4 of 4

Harmonisasi

Manchester United Siap Kalahkan Valencia di Mestalla
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho berbincang dengan asissten pelatih selama sesi pelatihan tim di kompleks Pelatihan Carrington, Inggris (11/12). Saat ini MU berada di posisi kedua di grup tersebut dengan poin sepuluh. (AFP Photo/Lindsey Parnaby)

Mourinho selama tiga musim menangani Real Madrid berhasil mempersembahkah satu trofi La Liga, satu gelar Copa del Rey, plus juara Supercopa de Espana.

Namun, Mourinho juga kerap terlibat konflik dengan pemain bintang. Salah satunya adalah mantan bintang Real Madrid, Iker Casillas.

Karena itu, Mourinho tentu akan meminta manajemen untuk bisa menciptakan suasana di ruang ganti.

Lanjutkan Membaca ↓
Pesan Singkat Presiden Jokowi untuk Menpora yang Baru