Sukses

Persib Masuk Jajaran Klub Terpopuler di Dunia

Persib berada di posisi ke-23 klub dengan pengikut terbanyak di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung kembali naik daun. Klub kebanggaan masyarakat kota Bandung itu masuk dalam jajaran salah satu klub terpopuler di dunia berdasar versi The Global Digital Football Study.

Dalam The Global Digital Football Study, yang dirilis Result Sports beberapa waktu lalu, Persib berada di posisi ke-23 dunia. Persib bahkan mengungguli klub elite Italia, AS Roma yang berada di posisi ke-25.

Sementara posisi pertama jadi milik Real Madrid dengan total 242 juta follower alias pengikut. Diikuti oleh Barcelona (240 juta) dan Manchester United (137 juta) di posisi kedua dan ketiga.

Penilaiannya sendiri dilakukan berdasarka jumlah komunitas digital alias follower mereka di media sosial. Seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google +, dan lainnya. 

Dalam rilisan Results Sport, Persib disebutkan total memiliki 15 juta follower di media sosial. Perinciannya: 9 juta di Facebook, 2 juta di Instagram, 3 juta di Twitter, dan 249 ribu di You tube. Sisanya, sekitar 1 juta follower tersebar di media sosial lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paling Populer Asia

Dengan total lebih dari 15 juta follower, Persib juga menjadi klub yang paling populer di Asia. Paling dekat, pesaing Persib adalah klub asal Arab Saudi, Al Hilal.

Klub yang bermarkas di Riyadh itu berada di posisi ke-28 dengan 12 juta follower. Sementara raksasa Tiongkok, Guangzhou Evergrande FC, hanya berada di posisi ke-38 dengan tujuh juta pengikut.

 

3 dari 3 halaman

Tak Hanya Persib

Yang menarik, tidak hanya Persib yang masuk dalam daftar yang dikeluarkan Results Sports. Beberapa klub Indonesia lainnya juga masuk daftar, karena memiliki follower lebih dari 1 juta.

Gak cuma Persib, beberapa klub Indonesia lainnya juga masuk peringkat 150 besar di antara jutaan klub di dunia ini. Ada nama Persija Jakarta (peringkat 63), Arema FC (peringkat 110), dan Sriwijaya FC (peringkat 123).

Sebut saja Persija Jakarta yang berada di posisi ke-55 dengan total lebih dari 5 juta pengikut. Kemudian ada juga Arema FC dan Sriwijaya FC yang berada di peringkat ke-107 dan 141.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini