Dipermalukan Sociedad, Kapten Real Madrid Kecam Wasit dan VAR

Oleh Bogi Triyadi pada 07 Jan 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 07 Jan 2019, 12:15 WIB
Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Al-Ain pada laga final Piala Dunia Antarklub di Stadion Zayed Sports City, Abu Dhabi, Sabtu (22/12). Al-Ain kalah 1-4 dari Madrid. (AFP/Giuseppe Cacace)

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid dipermalukan Real Sociedad pada pekan ke-18 Liga Spanyol 2018/19. Los Blancos kalah 0-2 di Santiago Bernabeu, Senin (7/1/2019) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut tidak bisa diterima kapten Real Madrid Sergio Ramos. Ia mengecam keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti kepada timnya.

Ramos merujuk pelanggaran kiper Sociedad Geronimo Rulli yang menjatuhkan Vinicius Jr di kotak penalti pada babak kedua. Ia menilai Madrid harusnya mendapat penalti.

Satu pelanggaran lagi dilakukan gelandang Sociedad Asier Illarramendi kepada Ramos, juga di kotak penalti. Ramos mengatakan Illarramendi mendorongnya hingga terjatuh.

Karena itu, selain wasit, Ramos juga meragukan peran VAR dalam laga Real Madrid kontra Sociedad. Sebab, VAR tak membantu wasit dalam membuat keputusan yang lebih adil.

2 of 3

Kecewa

Real Madrid Perpanjang Catatan Negatif
1. Ekspresi Courtois usai gawang nya di bobol oleh pemain Real Sociedad Willian Jose pada laga lanjutan La Liga Spanyol yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Senin (7/1). Real Madrid kalah 0-2 kontra Real Sociedad. (AFP/Gabriel Bouys)

"Itu sangat jelas. Mungkin kurang pada saya, karena [Asier] Illarramendi melakukannya dengan baik untuk menyembunyikan fakta bahwa dia mendorong saya," ucap Ramos seperti dikutip dari AS.

"Tetapi, hukuman pada Vinicius memalukan. Saya sudah selalu mendukung VAR, tetapi ini membuat Anda memegang kepala Anda. Mengapa bukan kesempatan yang diambil [untuk wasit] untuk melihatnya lagi?".

"Sudah bertahun-tahun saya melihat hal seperti ini. Perubahan perlu dilakukan untuk VAR. Kami tak meminta bantuan, kami hanya meminta keadilan. Jika pelanggaran oleh [Raphael] Varane kepada [Luis ] Suarez diberikan sebagai penalti di Camp Nou [El Clasico pada Oktober 2018], maka yang ini harus diberikan juga," tambah Ramos.

3 of 3

Kecam Wasit

Kekecewaan Ramos semakin bertambah karena wasit tidak mau melihat ulang pelanggaran Geronimo Rulli kepada Vinicius Jr lewat VAR. "Saya seseorang yang cenderung mencoba dan membantu wasit, tetapi apa yang terjadi hari ini sangat memalukan," ucap Ramos.

"Dia mengatakan bahwa sudah jelas baginya [bahwa itu bukan penalti]," kecamnya.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by