Sukses

Dipermalukan Sociedad, Kapten Real Madrid Kecam Wasit dan VAR

Sergio Ramos mengklaim Real Madrid harusnya mendapat dua hadiah penalti saat dikalahkan Real Sociedad.

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid dipermalukan Real Sociedad pada pekan ke-18 Liga Spanyol 2018/19. Los Blancos kalah 0-2 di Santiago Bernabeu, Senin (7/1/2019) dini hari WIB.

Kekalahan tersebut tidak bisa diterima kapten Real Madrid Sergio Ramos. Ia mengecam keputusan wasit yang tidak memberikan hadiah penalti kepada timnya.

Ramos merujuk pelanggaran kiper Sociedad Geronimo Rulli yang menjatuhkan Vinicius Jr di kotak penalti pada babak kedua. Ia menilai Madrid harusnya mendapat penalti.

Satu pelanggaran lagi dilakukan gelandang Sociedad Asier Illarramendi kepada Ramos, juga di kotak penalti. Ramos mengatakan Illarramendi mendorongnya hingga terjatuh.

Karena itu, selain wasit, Ramos juga meragukan peran VAR dalam laga Real Madrid kontra Sociedad. Sebab, VAR tak membantu wasit dalam membuat keputusan yang lebih adil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecewa

"Itu sangat jelas. Mungkin kurang pada saya, karena [Asier] Illarramendi melakukannya dengan baik untuk menyembunyikan fakta bahwa dia mendorong saya," ucap Ramos seperti dikutip dari AS.

"Tetapi, hukuman pada Vinicius memalukan. Saya sudah selalu mendukung VAR, tetapi ini membuat Anda memegang kepala Anda. Mengapa bukan kesempatan yang diambil [untuk wasit] untuk melihatnya lagi?".

"Sudah bertahun-tahun saya melihat hal seperti ini. Perubahan perlu dilakukan untuk VAR. Kami tak meminta bantuan, kami hanya meminta keadilan. Jika pelanggaran oleh [Raphael] Varane kepada [Luis ] Suarez diberikan sebagai penalti di Camp Nou [El Clasico pada Oktober 2018], maka yang ini harus diberikan juga," tambah Ramos.

3 dari 3 halaman

Kecam Wasit

Kekecewaan Ramos semakin bertambah karena wasit tidak mau melihat ulang pelanggaran Geronimo Rulli kepada Vinicius Jr lewat VAR. "Saya seseorang yang cenderung mencoba dan membantu wasit, tetapi apa yang terjadi hari ini sangat memalukan," ucap Ramos.

"Dia mengatakan bahwa sudah jelas baginya [bahwa itu bukan penalti]," kecamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.