3 Pemain Tua yang Jadi Incaran Klub Besar di Liga 1 2019

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 06 Jan 2019, 10:55 WIB
Diperbarui 07 Jan 2019, 07:14 WIB
Trivia Pemain Gaek yang jadi Objek Buruan Banyak Klub

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Liga 1 musim 2019 akan segera dimulai. Salah satu yang menarik adalah menanti bursa transfer pemain dan pelatih.

Liga 1 sebagai kompetisi tertinggi di Indonesia menjadi panggung para pemain terbaik untuk unjuk kebolehan. Tak hanya pemain muda dan yang berada di usia produktif, kompetisi itu pun nyatanya masih menyisakan tempat untuk para pemain tua.

Berkaca pada data tahun lalu, sebanyak 31 pemain tua tersebar di 18 klub Liga 1 2018. Indikator dari pemain tua adalah sosok pemain yang usianya sudah berada di atas 35 tahun.

Menariknya, meski sudah tak lagi muda ternyata para pemain-pemain tersebut memiliki peran penting di klubnya. Contonya adalah catatan menit bermain yang paling sedikit dimiliki kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae-hoon, mencapai 1.405 menit.

Perputaran pemain tua dari satu klub ke klub lainnya diprediksi masih akan terjadi pada bursa transfer musim ini. Artinya, para pemain yang sudah gaek itu masih menjadi 'dagangan' laku yang siap diperebutkan.

Lantas, siapa saja pemain tua yang bakal jadi rebutan klub-klub Indonesia? Berikut ini 3 sosok pemain gaek yang bakal memanaskan bursa transfer Liga 1 2019 versi Bola.com:

2 of 4

Alberto Goncalves

Bomber Sriwijaya FC, Alberto 'Beto' Goncalves, akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sudah berusia 38 tahun nyatanya tak membuat Alberto Goncalves kehilangan ketajamannya. Justru, pemain asal Brasil itu semakin mampu menunjukkan penampilan apiknya di depan gawang lawan.

Pada Liga 1 2018, pemain yang akrab disapa Beto itu sukses mencetak 11 gol dalam 25 penampilan bersama Sriwijaya FC. Sayang, penampilan apik Beto tetap tak mampu menghindari Laskar Wong Kito dari degradasi.

Beto sejatinya masih terikat kontrak sampai Maret 2019. Namun, pemain berpostur 175 itu diyakini tak akan menolak tawaran klub baru demi terus merumput di Liga 1. Kabar yang beredar beberapa hari terakhir, juara bertahan Persija Jakarta tertarik meminang Beto demi menambah ketajaman di Liga 1 2019.

3 of 4

Cristian Gonzales

Striker PSS Sleman, Cristian Gonzales, saat melawan Persita Tangerang pada laga Liga 2 di Stadion Benteng Taruna, Tangerang, Jumat (26/10/2018). Kedua tim bermain imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tua-tua keladi, semakin tua semakin menjadi. Ungkapan itulah yang layak dinobatkan kepada Cristian Gonzales. Meski berusia 42 tahun, pada kenyataannya pemain yang akrab disapa El Loco itu masih mampu tampil tajam.

Gonzales mampu mencetak 15 gol untuk PSS Sleman di Liga 2 2018. Penampilan apiknya di lini depan Super Elang Jawa berhasil membantu timnya promosi ke Liga 1 2019 dengan status juara.

Penampilan Gonzales yang konsisten diyakini menjadi magnet tersendiri untuk klub-klub yang berminat meminangnya. Apalagi sang pemain sudah khatam betul dengan sepak bola nasional karena sudah bermain sejak 2003 di Indonesia.

 

4 of 4

Esteban Vizcarra

Esteban Vizcarra (kanan) pada laga Sriwijaya FC vs Bhayangkara FC di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang (12/5/2018). (Bola.com/Riskha Prasetya)

Esteban Vizcarra merupakan salah satu pemain gaek yang menghangatkan bursa transfer Liga 1 2019. Meski sudah berusia 32 tahun, pada kenyataannya pemilik nama lengkap Esteban Gabriel Vizcarra berhasil tampil apik musim lalu.

Bersama Sriwijaya FC, Esteban Vizcarra sukses mencetak 11 gol dalam 32 penampilannya. Namun, seiring Laskar Wong Kito yang turun kasta, Esteban Vizcarra memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya.

Beberapa hari terakhir, Esteban Vizcarra dikaitkan dengan rencana kepindahannya ke klub-klub elite Indonesia. Persib Bandung menjadi salah satu yang paling berpeluang memboyong pemain berpaspor Argentina tersebut.

Sumber: Bola.com

Lanjutkan Membaca ↓