Sukses

Man City vs Liverpool: Pembuktian Ederson dan Alisson

Laga Man City vs Liverpool digelar di Kamis (3/1) atau Jumat dini hari WIB.

Liputan6.com, Manchester - Duel Manchester City vs Liverpool di lanjutan laga Liga Inggris, Kamis (3/1) atau Jumat dini hari WIB dipastikan berlangsung sengit. Bahkan, bisa jadi, ini merupakan laga penentuan gelar juara.

Liverpool mendekati pertandingan itu dengan posisi yang lebih baik. The Reds berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 54 poin dari 20 pertandingan. Man City di posisi ketiga dengan 47 poin.

Kedua tim memang mengandalkan permainan ofensif yang atraktif untuk meraup tiga poin. Namun, di balik kehebatan lini serang mereka, ada penjaga gawang yang memainkan peran krusial.

Ederson Moraes di bawah mistar gawang Man City dan Alisson Becker sebagai kiper Liverpool. Keduanya berasal dari Brasil dan memiliki kemampuan istimewa yang membuat mereka bisa bermain bersama tim top.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyelamatan 

Dalam hal membuat penyelamatan gemilang dan menghentikan tembakan lawan, Alisson lebih unggul musim ini. Dia sudah menorehkan 12 clean sheets, Ederson cuma delapan. Alisson juga baru kebobolan delapan gol.

Liverpool juga berpeluang menorehkan catatan defensif terbaik dalam sejarah Premier League. Alisson sudah membuat 46 penyelamatan sejauh ini, unggul 11 dari Ederson.

Catatan itu membuat Alisson memiliki torehan 84,9 persen penyelamatan musim ini - yang membuatnya jadi kiper terbaik dalam urusan itu. Unggul jauh dari Ederson yang hanya menorehkan 68,6 persen penyelamatan.

3 dari 4 halaman

Distribusi

Alisson dan Ederson adalah kiper yang sama-sama berani memainkan kakinya. Mereka berani memainkan umpan-umpan pendek dan membawa bola cukup lama.

Kedua kiper ini memilki peran penting bagi timnya masing-masing. Tak jarang, gol-gol Liverpool dan Man City dimulai dari umpan panjang hasil sepakan Alisson atau Ederson.

Sepanjang musim ini, Ederson sudah mencatatkan 504 umpan dengan rasio sukses sebesar 82,7 persen - hanya kalah dari Kepa Arrizabalaga. Alisson memang mencatatkan lebih banyak umpan, 566, tetapi rasio suksesnya hanya 78,8 persen.

4 dari 4 halaman

Kesalahan 

Dengan gaya bermain yang berisiko, tentu kedua kiper ini beberapa kali membuat kesalahan. Pada November lalu, Ederson kebobolan dua gol penalti saat melawan Southampton dan Manchester United - pertama dia menjatuhkan Danny Ings dan dia merobohkan Romelu Lukaku.

Agresivitas Ederson memang jadi senjata lain Man City tetapi terkadang hal itu juga bisa jadi masalah.

Sementara itu, Alisson juga sudah memperlihatkan kesalahan-kesalahan fatal. Salah satu yang paling diingat adalah ketika dia kehilangan bola di laga kontra Leicester City.

Terakhir, Alisson keliru mengantisipasi umpan silang Romelu Lukaku yang membuat Jesse Lingard bisa mencetak gol.

Kedua kiper ini jelas berharap tidak mengulangi kesalahan serupa, Jumat dini hari WIB nanti.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.