Sukses

Bukan Ronaldo, Siapa Pemain Tercepat MU di Mata Ferguson?

Ferguson pernah melatih MU pada 1986 hingga 2013.

Liputan6.com, Manchester - Sir Alex Ferguson merupakan manajer legendaris Manchester United (MU). Pria asal Skotlandia itu memimpin MU pada 1986 hingga 2013.

Sepanjang kiprahnya bersama Setan Merah, sebutan MU, Ferguson melatih banyak pemain top, seperti Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Eric Cantona, Wayne Rooney, hingga Rio Ferdinand.

Bahkan, pria berusia 77 tahun itu sempat memberikan latihan kepada manusia tercepat di Bumi, sekaligus peraih delapan medali emas Olimpiade, Usain Bolt.

Namun, siapa pemain tercepat menurut Ferguson? Dia memilih Ryan Giggs, ketimbang Usain Bolt atau Cristiano Ronaldo, yang telah memenangkan lima Ballon d'Or.

"Saya punya banyak pemain cepat di MU. Tapi, dalam permainan ini, kita tidak berbicara soal yang tercepat di 100 meter. Anda harus mempertimbangkan Andrei Kanchelskis, Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Andy Cole, Paul Parker, mereka cepat," katanya, dikutip dari situs resmi MU.

"Selain mereka, ada Anderson, Rio Ferdinand, dan Lee Sharpe, mereka sangat cepat ketika muda, sebelum akhirnya berkembang. Namun di antara mereka, saya pilih Giggs, terutama saat dia masih muda dan Kanchelskis," ujar mantan manajer MU asal Skotlandia itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebal Kritik

Ferguson, selama melatih MU, mendapat banyak kritikan, ketimbang manajer lainnya. Namun, dia sudah kebal dengan kritikan tersebut dan sudah menularkan cara menghadapinya kepada para pemain Setan Merah.

"Saya pikir, kritik sudah menjadi bagian dari pekerjaan ketika Anda bekerja sebagai manajer MU. Lihat Ronaldo dan Eric Cantona, mereka pernah bermain buruk di setengah pertandingan. Kemudian langsung dibantai dengan kritik," ucap Ferguson.

"Anda harus menerima kritik itu sebagai paket dari pekerjaan. Kritik tak menganggu saya sedikit pun," kata pria yang pernah memperkuat Ayr United itu.

 

3 dari 3 halaman

Statistik Ferguson

Berikut statistik Sir Alex Ferguson saat menakhodai Manchester United pada 1986 hingga 2013:

Main: 1.500

Menang: 895

Imbang: 336

Kalah: 267

Persentase kemenangan: 59,7 persen

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.