Sukses

Guardiola Puji Zinchenko yang Bikin Blunder di Manchester City

Guardiola tak mempermasalahkan blunder yang dilakukan Zinchenko di Manchester City.

Liputan6.com, Manchester - Manchester City sempat dikejutkan setelah Oleksandr Zinchenko membuat blunder kala melawan Southampton di lanjutan Liga Inggris, Minggu (30/1/2018). Saat itu, City mampu samakan skor 1-1 lewat gol Hojberg.

Padahal, Manchester City sempat unggul terlebih dahulu lewat gol David Silva. Bagaimana reaksi manajer City, Josep Guardiola soal ini?

Dia ternyata tak terlalu mempermasalahkan kesalahan fatal Oleksandr Zinchenko ketika Manchester City mengalahkan Southampton dengan skor telak 3-1. Guardiola justru mengaku puas melihat keseluruhan permainan skuat Man City.

Zinchenko membuat kesalahan fatal yang berujung pada gol penyeimbang Southampton di menit ke-37. Beruntung, James Ward-Prowse membuat gol bunuh diri di pengujung babak pertama dan Sergio Aguero membuat satu gol yang membuat Man City menutup paruh waktu dengan skor 3-1.

Kemenangan ini begitu penting bagi Manchester City yang menelan dua kekalahan beruntun di laga sebelumnya. Man City kini mendapatkan kepercayaan diri yang mereka butuhkan untuk menjamu Liverpool, Jumat (4/1) di laga mahapenting lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesalahan Wajar

Menurut Guardiola, kesalahan memanglah bagian dari sepak bola. Dia tak pernah mengkritik pemain-pemainnya yang membuat kesalahan, hanya ingin membantu mereka berkembang supaya hal serupa tak terjadi lagi.

"Kesalahan adalah bagian dari permainan. Kesalahan Aleks [Zinchenko], dia tidak berada di posisi buruk, tetapi di Inggris ketika anda mendapatkan bola di tengah lapangan dan ditekan lawan, anda harus melepaskan bola tetapi dia tak melakukan itu," ungkap Guardiola di Manchester Evening News.

"Namun, Aleks adalah pemain terbaik di lapangan karena setelah kesalahan itu dia tak pernah bersembunyi, dia tak pernah mengatakan dia tak mau menerima bola. Sebelum umpan silang pada gol Sergio Aguero dia membuat empat atau lima aksi untuk mengumpan bola dan bermain."

3 dari 3 halaman

  Luar Biasa

Tak banyak pemain yang bisa memulihkan diri setelah membuat kesalahan fatal, dan karena itulah dia ingin skuat Man City lainnya belajar dari sikap positif Zinchenko.

"Itulah [mental Zinchenko] yang membuat saya puas, kesalahan adalah bagian dari permainan ini. Dia masih muda, dia akan belajar."

"Saya berkata pada para pemain di paruh waktu: 'Belajarlah dari Zinchenko hari ini'. Semua orang bisa membuat kesalahan tetapi dia luar biasa. Salah satu hal paling hebat yang pernah saya saksikan," tutup Pep.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.