Sukses

Dikerjai Wasit, Manajer Arsenal Desak Penggunaan VAR

Dua gol Liverpool dari titik putih ke gawang Arsenal berawal dari keputusan kontroversial wasit Martin Oliver.

Liputan6.com, Jakarta Arsenal dibantai Liverpool dengan skor telak 1-5 pada pekan ke-20 Liga Inggris 2018/19, Minggu (30/12/2018) dini hari WIB tadi. Dua gol Liverpool hadir dari titik putih yang berawal dari keputusan kontroversial wasit Martin Oliver.

Manajer Arsenal Unai Emery menolak menyalahkan wasit pada pertandingan tersebut. Tapi, dia percaya VAR seharusnya bisa membantu wasit membuat keputusan lebih baik.

Dua keputusan penalti tersebut memang meragukan. Pertama, ketika Mohamed Salah dijatuhkan Sokratis Papastathopoulos. Sedangkan yang kedua dihadiahkan setelah Sead Kolasinac melanggar Dejan Lovren.

Pelanggaran-pelanggaran tersebut cukup minor dan tak terlalu berbahaya. Karena itu, juru racik Asenal asal Spanyol tersebut merasa VAR seharusnya bisa membantu wasit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan VAR

Sebagai manajer Arsenal, Emery memilih bertanggung jawab atas kekalahan timnya. Ia mengakui dua gol penalti itu menyulitkan timnya. Tapi, bagaimanapun Emery tak mau menyalahkan wasit.

"Dua gol terakhir itu, dua penalti, saya pikir itu menyulitkan kami. Saya pikir VAR penting - akan datang tahun depan, karena saya pikir VAR akan membantu wasit mengambil keputusan yang lebih baik," ujar Emery di fourfourtwo.

"Hasil pertandingan ini sudah jelas. Ini bukan karena wasit."

3 dari 3 halaman

Keseimbangan

Menurut Emery, Arsenal kalah karena gagal menjaga keseimbangan tim. Dia mengakui timnya bertahan dengan buruk dan harus membayar mahal kesalahan itu dengan kekalahan telak.

"Momen-momen defensif pada kotak penalti kami, itulah tanggung jawab saya dan kami membutuhkan keseimbangan. Kami harus menjaga keseimbangan di lini tengah."

"Kami kalah 5-1, kami harus menjaga keseimbangan di tengah, tampil serius, dan melanjutkan langkah kami dengan pertandingan besar di Emirates Selasa nanti [vs Fulham]," sambung dia.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Unai Emery

  • Bola.net