Kaleidoskop Olahraga Internasional 2018: Prancis yang Terbaik di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 27 Des 2018, 14:00 WIB
Kaleidoskop Olahraga Internasional 2018

Liputan6.com, Jakarta - Sepak terjang Timnas Prancis menjadi kisah terbesar pada kaleidoskop olahraga internasional 2018. Penyebabnya tidak lain keberhasilan Les Bleus dalam memenangkan Piala Dunia di Rusia.

Pada turnamen sepak bola termegah di muka bumi, yang melibatkan cabang olahraga terpopuler, Timnas Prancis merebut gelar kedua setelah pertama kali memenangkannya di kampung halaman pada 1998.

Namun, Piala Dunia tahun ini juga mendominasi pemberitaan karena hal lain. Pada kompetisi yang berlangsung 14 Juni hingga 15 Juli itu, juara bertahan Jerman merasakan aib terbesar karena tersisih di grup.

Selain Piala Dunia 2018, juga ada beberapa ajang olahraga internasional dalam kaleidoskop olahraga internasional 2018.

Berikut kaleidoskop olahraga internasional pada tahun ini:

2 of 7

Januari-Februari

John Millman Singkirkan Roger Federer di AS Terbuka 2018
Petenis Swiss, Roger Federer meninggalkan lapangan usai dikalahkan John Millman dari Australia pada babak 16 besar AS Terbuka 2018 di New York, (4/9). Federer kalah dari John Millman 3-6, 7-5, 7-6 (9-7), 7-6 (7-3). (AP Photo/Jason DeCrow)

Januari

Grand Slam awal tahun bergulir di Australia. Roger Federer sukses mempertahankan gelar di nomor tunggal putra setelah mengalahkan Marin Cilic di final. Ini adalah gelar Grand Slam ke-20 sepanjang karier Federer. Caroline Wozniacki juga mencatat sejarah pada nomor tunggal putri. Dia memenangkan Grand Slam pertamanya setelah maksimal mencapai final AS Terbuka 2009 dan 2014.

Berlangsung pula salah satu seri paling berbahaya di nomor otomotif. Reli Dakar digelar di Amerika Selatan. Carlos Sainz (motor) dan Matthias Walkner (mobil) mendapat kehormatan tertinggi.

Februari

Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang mendominasi pemberitaan karena menjadi panggung pertama bagi Korea Utara dan Korea Selatan. Keduanya membentuk tim putri di hoki es. Momen ini jadi awal kedua negara dalam meningkatkan kerja sama.

Dari Negeri Paman Sam, hadir dua pertunjukan besar yakni Superbowl LII dan NBA All-Star. Philadelphia Eagles secara dramatis menjuarai kompetisi American football dengan mengalahkan juara bertahan New England Patriots 41-33. Sedangkan pada laga All-Star Tim LeBron James membekuk Tim Stephen Curry 148-145.

3 of 7

Maret-April

Marc Marquez, MotoGP
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez akan memulai balapan MotoGP Jerman 2018 di Sirkuit Sachsenring. (Twitter/Repsol Honda)

Maret

Awal bulan Maret ditandai dengan kabar duka dari sepak bola. Kapten Fiorentina, Davide Astori meninggal dunia ketika tidur di kamar hotel, jelang duel melawan Udinese dalam lanjutan Serie A, Minggu (4/3/2018). Tragedi ini membuat laga serie A ditunda.

Di bulan yang sama, Kobe Bryant menjadi pemain NBA pertama yang berhasil merebut Piala Oscar. Mantan pemain LA Lakers itu meraih penghargaan untuk kategori film animasi pendek lewat film Dear Basketball. Penghargaan diberikan, Senin (5/3/2018).

April

Memasuki bulan April, sepak bola Eropa kembali mencuri perhatian lewat penalti telat Real Madrid yang mengubur mimpi Juventus menuju babak semifinal Liga Champions 2019. Insiden ini juga mengakibatkan kiper Juve, Gianluigi Buffon diusir wasit. Ini jadi kartu pertama Buffon selama tampil di Liga Champions.

Sementara ajang MotoGP sempat ramai dengan pengusiran pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dari paddock Yamaha. Padahal dia ingin meminta maaf usai menyenggol motor Valentino Rossi hingga terjatuh pada balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018). Insiden ini semakin memperuncing ketidakharmonisan kedua pembalap hingga kini.

 

4 of 7

Mei-Juni

FOTO: Perayaan Real Madrid usai Meraih Gelar Liga Champions
Kiper Real Madrid, Keylor Navas, mengangkat trofi merayakan gelar juara Liga Champions bersama rekan-rekannya di Stadion Millenium, Cardiff, Sabtu (3/6/2017). Madrid menang 4-1 atas Juventus. (AFP/Javier Soriano)

Mei

Memasuki Mei 2018, finalis Liga Champions 2017-2018 telah bisa dipastikan. Liverpool sukses melaju ke partai puncak usai menyingkirkan AS Roma dengan skor agregat 7-6 di semifinal. Kemudian Real Madrid memastikan tiket ke final setelah menang agregat 4-3 atas Bayern Munchen. Partai final Liga Champions 2017-2018 sendiri digelar di Stadion Olimpiade Kiev, Kiev, Ukraina pada 26 Mei 2018.

Sebelum laga final tersebut, pada 14 Mei 2018 Juventus memastikan Scudetto mereka untuk ketujuh kalinya secara beruntun. Lalu pada 19 Mei 2018, Chelsea menaklukkan Manchester United 1-0 di final Piala FA. Sementara di final Liga Champions, Real Madrid sukses jadi juara tiga kali beruntun usai menang 3-1 atas Liverpool.

Juni

Juni menjadi bulan yang ditunggu-tunggu bagi pencinta sepak bola seluruh dunia, karena kick-off Piala Dunia 2018 Rusia akan dilakukan pada 14 Juni. Acara pembukaan berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow, di mana Rusia menang 5-0 atas Arab Saudi.

Momen tak terlupakan terjadi pada akhir Juni yakni ketika tersingkirnya Lionel Messi bersama Timnas Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Argentina takluk 3-4 dari Prancis pada 30 Juni 2018 di Kazan Arena.

5 of 7

Juli-Agustus

Prancis Juara Piala Dunia
Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia pada laga final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7). Prancis berhasil menjadi juara setelah membekuk Kroasia dengan skor akhir 4-2. (AP Photo/ Martin Meissner)

Juli

Prancis berhasil meraih gelar juara Piala Dunia 2018 setelah di final kalahkan Kroasia di Stadion Luzhniki, Moscow. Sukses yang direngkuh tim asuhan Didier Dechamps ini, diwarnai beberapa catatan menarik, di antaranya penampilan Kylian Mbappe.

Striker Prancis, yang saat itu berumur 19 tahun, menjadi pemain ketiga termuda yang tampil di final Piala Dunia. Sebelumnya, catatan ini ditorehkan Pele pada 1958 (17 tahun ) dan Giuseppe Bergomi pada 1982 (18 tahun ).

Agustus

Diego Simeone mencatat rekor usai Atletico Madrid menaklukkan Real Madrid 4-2 di final Piala Super Eropa 2018. Selain meraih gelar juara, Simeone adalah manajer Atletico pertama yang memenangi sebuah final melawan Madrid di tiga kompetisi; Copa del Rey, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Di kompetisi lain, Manchester City berhasil meraih gelar Community Shield 2018. Kemenangan atas Chelsea 2-0 di laga final di Stadion Wembley, membuat koleksi trofi Community Shield The Citiezens menjadi lima setelah tahun 1937, 1968, 1972, 2012.

6 of 7

September-Oktober

Trofi UEFA Nations League
Trofi UEFA Nations League. (AFP/Philippe Desmazes)

September:

Awal September 2018, UEFA meluncurkan kompetisi baru antarnegara Eropa yang bernama resmi UEFA Nations League. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menggantikan uji coba internasional sehingga setiap negara dapat melakoni laga-laga kompetitif sebagai persiapan ideal jelang Piala Eropa atau Piala Dunia.

Memasuki pekan ketiga September, Liga Champions 2018/19 dan Liga Europa mulai memasuki fase grup. Jika Liga Champions memperebutkan tiket 16 besar, sementara Liga Europa bersaing untuk lolos ke babak 32 besar.

Oktober

Meski masih menyisakan tiga balapan lagi, Marc Marquez telah menyegel gelar juara dunia MotoGP 2018. Kepastian itu didapat setelah pembalap Repsol Honda ini menjuarai balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 21 Oktober 2018.

Dengan 296 poin, keunggulan Marquez sudah tidak mungkin lagi dikejar rival terdekatnya Andrea Dovizioso yang tertinggal 102 poin. Ini adalah titel juara dunia MotoGP Marquez kelima setelah 2013, 2014, 2016, dan 2017.

7 of 7

November-Desember

Ballon d'Or 2018
Gelandang Real Madrid asal Kroasia, Luka Modric, menunjukan trofi saat malam penghargaan Ballon d'Or di Paris, Senin (3/12). Dirinya berhasil meraih gelar Ballon d'Or. (AFP/Franck Fife)

November

Pada bulan November, ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi / Kevin Sanjaya, berhasil menjuarai China Masters 2018. Di final, mereka sukses mengalahkan pasangan tuan rumah, He Jiting / Tan Qiang, dalam pertarungan tiga set 25-27, 21-17 dan 21-15.

Di bulan yang sama, Arab Saudi berhasil keluar sebagai juara Piala AFC U-19 yang diselenggarakan di Indonesia. Dalam partai puncak, mereka mengalahkan Korea Selatan dengan skor 2-1. Indonesia yang jadi tuan rumah tersingkir di babak perempat final setelah kalah 0-2 dari Jepang.

Desember

Pada bulan Desember 2018, gelandang Real Madrid dan Timnas Kroasia, Luka Modric, sukses menyabet penghargaan Ballon d'Or 2018. Modric menjadi pemain pertama yang menghentikan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam satu dekade terakhir.

Selama 2018, Modric banjir prestasi. Ia sukses mengantar Madrid juara Liga Champions. Itu adalah gelar ketiga beruntun yang dimenangi El Real. Dengan skuat pas-pasan, Modric juga membawa Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018. Ia juga terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen itu.

Lanjutkan Membaca ↓