Legenda MotoGP: Jika Pindah Tim, Marquez Masih Bisa Juara

Oleh Windi.Wicaksono pada 22 Des 2018, 16:30 WIB
Diperbarui 22 Des 2018, 16:30 WIB
Marc Marquez - MotoGP 2018
Perbesar
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sudah lima kali jadi juara dunia MotoGP. (AP Photo/Yam G-Jun)

Liputan6.com, Cervera - Legenda MotoGP, Mick Doohan, meyakini Marc Marquez akan mampu memenangkan balapan meskipun dia memutuskan meninggalkan Repsol Honda. Doohan percaya kualitas Marquez dalam membuat perbedaan.

Sejauh ini Marquez telah mengoleksi lima gelar juara dunia MotoGP. Kontrak Marquez akan habis pada Desember 2020, tapi spekulasi tentang masa depannya terus muncul, terutama soal potensi pindah dari Repsol Honda.

Seperti Marquez, lima gelar juga sudah dikoleksi Doohan dalam kategori 500cc (sekarang MotoGP). Dulu Doohan juga mengendarai motor Honda dan dianggap salah satu pembalap dengan capaian fantastis.

"Di era saya, saya pikir ada sekitar tujuh pembalap Honda di grid, tetapi pemenangnya selalu sama. Seorang pembalap seperti Marc (Marquez) akan selalu membuat perbedaan," kata Doohan, seperti dilansir situs MotoGP.

"Untungnya dalam balap motor, rider masih memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan, itu berpengaruh," ucap pria asal Australia ini.

2 dari 3 halaman

Pendekatan Ducati

Mick Doohan.
Perbesar
Legenda MotoGP, Mick Doohan, memuji Marc Marquez. (AFP/Johannes Eisele)

Marquez sebelumnya menegaskan tidak punya alasan untuk meninggalkan Honda asalkan terus memberikan motor untuk memenangi balapan. Tapi, Ducati sempat disebut-sebut melakukan kontrak tentatif tentang kemungkinan mengajak Marquez bergabung di 2021.

"Kami pernah melihat itu di masa lalu, ketika rider memutuskan untuk berganti pabrikan. Beberapa dari mereka berhasil tetap kuat dan beberapa dari mereka tidak," jelas Doohan.

3 dari 3 halaman

Pabrikan Berbeda

"Saya pikir jika Marc memutuskan untuk berganti ke pabrikan yang berbeda, ia masih bisa menang. Kami melihatnya dengan Valentino Rossi, dengan Eddie Lawson. Seorang pembalap cepat tetaplah pembalap cepat," tutur pria berusia 53 tahun ini.

Saksikan video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓