Sukses

3 Alasan Solskjaer Layak Tangani Manchester United

Solskjaer mendapat tugas memulihkan kinerja Manchester United di sisa musim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United memberhentikan Jose Mourinho dan menunjuk Ole Gunnar Solskjaer sebagai pengganti. Solskjaer berstatus caretaker dan bekerja sampai akhir musim ini. 

Pria asal Norwegia itu sejatinya masih terikat kontrak dengan Molde FK dan baru saja menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2021.

Dengan demikian, Manchester United bisa dibilang meminjam Solskjaer dari Molde. Erling Moe akan bertanggung jawab sebagai pelatih tim utama Molde sampai Solskjaer kembali pada akhir musim.

Penunjukan Solskjaer jelas menimbulkan reaksi yang beragam. Meski hampir semua orang menyambut kembali Baby Faced Assassin dengan tangan terbuka, namun tidak sedikit yang skeptis mengenai kemampuannya menangani tim sebesar Manchester United.

Memang tidak mudah untuk menemukan seseorang yang lebih baik untuk menjadi manajer sementara. Namun, penunjukan Solskjaer bisa menjadi langkah yang tepat bagi Manchester United.

Berikut ini tiga alasan mengapa Ole Gunnar Solskjaer adalah pilihan yang bagus untuk menjadi manajer sementara Manchester United seperti dilansir Sportskeeda:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengetahuannya tentang Klub

Solskjaer sudah tidak asing dengan tuntutan di Liga Inggris setelah bermain lebih dari satu dekade di sana. Meski karier singkatnya dengan Cardiff City tidak mengesankan, Solskjaer sudah akrab dengan suasana di Old Trafford.

Dia tahu klub dengan baik, tahu tuntutan dari para penggemar dan manajemen. Dia juga tahu apa yang Manchester United representasikan dan dengan demikian, dia punya modal yang bagus untuk menangani tekanan pekerjaannya. Selain itu, ini juga akan menjadi kesempatan baginya untuk menebus karier manajerialnya, sesuatu yang akan mengilhami dia untuk mendapatkan hasil.

Solskjaer juga bermain bersama Michael Carrick pada musim terakhirnya di Old Trafford, jadi keduanya juga bisa bekerja sama. Dia juga pernah bekerja dengan Pogba sebelumnya ketika menangani tim cadangan di Manchester United dan pernah menyatakan keinginannya untuk membangun tim di sekitar gelandang Prancis itu.

Dengan demikian, Solskjaer akan merasa seperti berada di rumah sejak hari pertama dan itu akan membantunya dalam menjalani masa transisi.

3 dari 4 halaman

Kehadiran di Ruang Ganti

Ruang ganti Manchester United membutuhkan seseorang yang sangat dikagumi oleh para pemain. Solskjaer pernah memenangkan segalanya selama berada di Old Trafford dan dengan demikian, dia akan mendapat respek dari para pemain.

Dia akan mendapat dukungan manajemen dan ini bisa jadi untuk pertama kalinya sejak kepergian Sir Alex bahwa klub mungkin akan kembali menggunakan ideologi pria Skotlandia tersebut.

Namun, di ruang ganti, Solskjaer tidak akan terintimidasi oleh ego yang besar. Dia mungkin disebut Baby Faced Assassin, tetapi Solskjaer tidak akan sungkan mengeluarkan jalan pikirannya jika ada sesuatu yang tidak dia sukai, seperti yang dijelaskan oleh salah satu mantan pemain.

Setelah berada di pinggir lapangan, dia akan mendapat dukungan penuh dari para penggemar. Pelatih asal Norwegia itu mengaku telah mengumpulkan sebagian besar pengetahuan manajerialnya dengan menonton Sir Alex dari dekat.

Dia juga membantu Sir Alex melatih striker pada musim terakhirnya sebelum pensiun. Dengan demikian, Ole punya semua bahan untuk mendapat respek dari anak buahnya.

4 dari 4 halaman

Gaya Bermain

Masa kepemimpinan Mourinho di Manchester United dipenuhi dengan sepakbola satu dimensi yang membosankan di mana lebih menekannya pada penguatan di belakang dan berhati-hati dalam menyerang.

Filosofi itu juga diterapkan oleh pendahulunya Louis van Gaal dan selama hampir lima tahun, Old Trafford sangat merindukan sepak bola menyerang. Gaya bermain Solskjaer pasti akan cocok dengan United.

Pelatih asal Norwegia itu sudah terlihat sangat berbeda daripada saat bertugas di Cardiff City dan dia sudah belajar dari pengalamannya dengan baik. Molde FK menjalani musim yang luar biasa di bawah bimbingannya dan finis di posisi kedua di liga musim ini.

Tim asuhan Solskjaer bermain dengan kecepatan, ketepatan dan bakat dan jika bukan karena minimnya pergerakan di bursa transfer, Molde akan finis di puncak klasemen. Menariknya, tim asuhnnya mencetak gol paling banyak di liga. Itu adalah gaya bermain yang akan coba diterapkannya di Old Trafford sekarang dan itu akan sangat menguntungkan para pemain yang ada di skuat.

Manchester United punya talenta menyerang yang luar biasa dan tim harus bermain dengan kekuatann maksimal. Taktik pilihan Solskjaer akan menjadi langkah awal untuk menghidupkan kembali musim Manchester United.

 

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah
    Ole Gunnar Solskjaer merupakan eks pemain Manchester United yang kini menjajaki karier sebagai seorang pelatih Setan Merah

    Ole Gunnar Solskjaer

  • Bola.net