6 Fakta Barcelona vs Levante 5-0, Lionel Messi Hattrick & Pecahkan Rekor

Oleh Septika Shidqiyyah pada 18 Des 2018, 13:58 WIB
Diperbarui 18 Des 2018, 13:58 WIB
Levante Vs Barcelona
Perbesar
Striker Barcelona, Luis Suarez, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Levante pada laga La Liga di Stadion Ciutat de Valencia, Valencia, Minggu (16/12). Levante kalah 0-5 dari Barcelona. (AFP/Jose Jordan)

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan sengit Barcelona vs Levante dalam laga lanjutan La Liga 2018-19 jornada 16 yang dihelat di Ciutat de Valencia, Senin (17/12/2019) dini hari WIB berakhir dengan skor 5-0. Lionel Messi dkk tanpa ampun menggulung tuan tumah.

Selain memborong tiga gol dalam laga Barcelona vs Levante, Messi juga berperan besar dengan menjadi kreator assist untuk dua gol lainnya yang dicetak Luis Suarez dan Gerard Pique.

Kemenangan Barcelona vs Levente ini kembali mengokohkan Blaugrana di puncak klasemen dengan koleksi poin 34. Sementara Levante harus puas duduk di posisi delapan. Tim asuhan Paco Lopez ini baru mengemas 22 poin dari 16 pertandingan.

Kemenangan Barca dalam laga ini sekaligus membalas kekalahan dalam kompetisi La Liga Spanyol musim 2017/2018. Sebelumnya, Barcelona harus menelan kekalahan di penghujung kompetisi La Liga Spanyol musim 2017/2018. La Blaugrana kalah dengan skor 5-4 atas tuan rumah Levante, pada (14/05/2018).


Levante bemain dengan 10 pemain

Levante Vs Barcelona
Perbesar
Striker Levante, Emmanuel Boateng, duel udara dengan bek Barcelona, Thomas Vermaelen, pada laga La Liga di Stadion Ciutat de Valencia, Valencia, Minggu (16/12). Levante kalah 0-5 dari Barcelona. (AFP/Jose Jordan)

Laga lanjutan La Liga 2018-19 jornada 16 mempertemukan Barcelona vs Levente di Ciutat de Valencia. Bermain di depan pendukung sendiri membuat Levante bernafsu menyerang di awal babak pertama. Sayang beberapa peluang yang didapat tuan rumah masih belum mampu berbuah gol.

Alih-alih memimpin, Levante justru harus tertinggal di menit ke-35 setelah Suarez membobol gawang Oier Olazabal. Jelang babak pertama usai, giliran Messi sendiri yang mencatatkan namanya di papan skor. Skor 2-0 untuk keunggulan Barca bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, tak lama usai kembali dari kamar ganti, Messi sukses mencetak gol keduanya. Satu jam laga berjalan, Messi melengkapi penampilan luar biasanya dengan mencetak gol ketiga di gawang Levante.

Malangnya, Levante harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-76 usai Erick Cabaco mendapat kartu merah dari wasit usai melakukan pelanggaran keras terhadap Ousmane Dembele.

Keunggulan jumlah pemain membuat Barca makin leluasa mengurung pertahanan Levante. Bahkan Pique sampai berani ikut maju menyerang. Ia pun sukses mencetak gol di menit ke-88. Skor 5-0 untuk kemenangan Barca menjadi hasil akhir laga Barcelona vs Levante.


Lionel Messi Hattrick

Levante Vs Barcelona
Perbesar
Gelandang Barcelona, Lonel Messi bersama Luis Suarez, merayakan gol ke gawang Levante pada laga La Liga di Stadion Ciutat de Valencia, Valencia, Minggu (16/12). Levante kalah 0-5 dari Barcelona. (AFP/Jose Jordan)

Lionel Messi menjadi bintang pada laga Barcelona vs Levante ini. Messi menunjukkan aksi sihirnya ketika membawa Barcelona menghajar tuan rumah Levante dengan skor telak 5-0 dalam laga lanjutan La Liga 2018-19 jornada 16 yang dihelat di Ciutat de Valencia, Senin (17/12/2019) dini hari WIB.

Lionel Messi mencatatkan rekor pada laga Barcelona vs Levante. Pada laga ini, Messi mencetak tiga gol dan menjadi kreator assist untuk dua gol lainnya. . Dengan gol tersebut, kini Messi menjadi pemain pertama di lima liga top Eropa yang mencatat double-double.

Gol kemenangan Barcelona dibuka Luis Suarez pada menit ke-35 setelah menerima assist dari Messi. Selang tujuh menit kemudian, Messi mencetak gol pertamanya setelah memaksimalkan umpan Sergio Busquets.

Messi mencetak dua gol tambahan saat pertandingan memasuki babak kedua. Pemain berjuluk La Pulga ini masing-masing mencatatkan namanya di papan skor pada menit 47 dan ke-60.

Kemenangan Barcelona ditutup oleh gol Gerrard Pique memaksimalkan umpan Messi. Barcelona pun memetik tiga poin dari kunjungannya ke Estadio Ciudad de Valencia kali ini.

"Messi mencetak hattrick dan dua assists. Kami beruntung memiliki dan menikmati permainannya," ujar Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde seperti dilansir Football Espana.

Dengan sumbangan tiga gol pada laga Barcelona vs Levante tersebutt, Lionel Messi kini berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di lima liga papan atas Eropa dengan 13 gol.


Fakta Barcelona vs Levante

1. Messi cetak hattrick dan menjadi assist untuk dua gol lainnya.

2. Kemenangan telak ini membuat Barcelona mengamankan puncak klasemen dari kejaran Sevilla.

3. Messi kini berstatus sebagai pencetak gol terbanyak di lima liga papan atas Eropa dengan 13 gol.

4. Messi sudah menghasilkan lebih banyak gol daripada pemain lain di lima liga papan atas Eropa dengan catatan 12 gol dan sembilan assists.

5. Levante menjadi tim kedua setelah Real Madrid yang gawangnya dibobol lima kali di musim ini. Sebelumnya, Barcelona menggilas Real Madrid 5-1.

6. Messi menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak dua digit dalam hal gol dan assists di lima liga papan atas Eropa. Total, Messi telah mencetak 14 gol dan 10 assists.

Susunan Pemain Barcelona vs Levante

Levante: Oier; Pier, Postigo (Prcic 70'), Cabaco; Jason, Bardhi, Campana, Tono; Rochina (Coke 69'), Boateng (Mayoral 62'), Morales.

Barcelona: Ter Stegen; Pique, Lenglet, Vermaelen (Arthur 52'); Rakitic, Busquets, Vidal (Coutinho 78'), Alba; Messi, Luis Suarez, Dembele (Denis Suarez 81').

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya