Sukses

Hasil Drawing Liga Champions 16 Besar, Banyak Pertandingan Besar

Hasil drawing Liga Champions menghasilkan pertandingan-pertandingan kejutan

Liputan6.com, Jakarta Drawing babak 16 besar Liga Champions telah dilakukan di markas UEFA di Nyon, Swiss, Senin (17/12/2018) petang WIB. Pengundian ini untuk menentukan tim-tim mana saja yang akan saling berhadapan di babak 16 besar nanti.

Seperti yang sudah diketahui, fase grup Liga Champions sudah resmi berakhir minggu lalu. Sebanyak 16 tim dinyatakan lolos untuk masuk ke fase gugur Liga Champions musim ini dari total 32 tim yang bertanding pada 8 grup Liga Champions musim ini.

Dari hasil drawing Liga Champions, sebanyak 16 tim yang lolos ke babak knock out Liga Champions, telah mendapatkan lawan masing-masing. Hasil drawing Liga Champions juga menghasilkan pertandingan-pertandingan kejutan.

Di antaranya yang menjadi sorotan tajam adalah Manchester United dan Liverpool. Dua tim Inggris tersebut akan bertemu lawan yang berat di 16 besar Liga Champions. Manchester United akan menghadapi Paris Saint-Germain, sedangkan Liverpool akan bertemu dengan Bayern Munich.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ujian Berat MU dan Liverpool

Dari delapan jadwal pertandingan babak 16 besar hasil drawing Liga Champions, sorotan tertuju pada dua klub asal Inggris, Liverpool dan Manchester United. Pasalnya dua tim tersebut harus bertemu lawan yang berat.

Dari hasil drawing Liga Champions, Liverpool akan menghadapi tim kuat Jerman, Bayern Munchen. Pertemuan keduanya akan berjalan sengit. Mengingat kedua tim sudah lima kali juara Liga Champions.

Meski sedikit terseok di Liga Jerman, Bayern tetap tak bisa dipandang sebelah mata. Tim arahan Niko Kovac itu tak terkalahkan selama fase grup.

Tapi Liverpool sendiri performanya sedang bagus. Dari 17 pertandingan di Liga Inggris , The Reds belum pernah terkalahkan.

Laga ini juga bakal menjadi pertaruhan nama besar Mohamed Salah di Liverpool dan Robert Lewandowski di Bayern. Sementara itu pelatih Liverpool Jurgen Klopp sudah 16 kali kalah dari Bayern Munchen. Dia hanya meraih kemenangan pada delapan kesempatan dan lima kali imbang.

Sementara MU, sebagai runner-up Grup H, dipertemukan dengan PSG yang finis sebagai juara Grup C. Raksaka Prancis itu lolos usai mengungguli Liverpool dan Napoli di grupnya.

Pertandingan melawan PSG akan menjadi ujian bagi MU. Pasalnya, performa Setan Merah sedang tidak konsisten, sedangkan PSG begitu perkasa di Ligue 1.

Kendati demikian, jika menengok rekam jejaknya, Manchester United masih bisa menggantungkan harapan. MU tidak pernah kalah dari tim Prancis pada babak gugur kompetisi Eropa. Rekor mereka adalah menang sembilan dan imbang tujuh kali.

3 dari 6 halaman

Cristiano Ronaldo mimpi buruk Atletico Madrid

Hasil drawing Liga Champions 16 besar juga menciptakan big match lainnya, antara Atletico Madrid dan Juventus. Atletico akan menghadapi mimpi buruknya, Cristiano Ronaldo. Dari rekor pertemuan keduanya, Atletico selalu kesulitan menaklukan Ronaldo.

Ronaldo mencetak empat gol dalam enam pertandingan Liga Champions melawan Atletico. Tiga gol di antaranya ia buat saat Atletico berhadapan dengan Real Madrid di semifinal 2016/2017. Total Cristiano Ronaldo sudah menghasilkan 22 gol ke gawang Atletico Madrid.

4 dari 6 halaman

Ajax Amsterdam akan menjadi batu hambatan pertama sang juara bertahan

Sementara itu, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar, juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, akan menerima tantangan dari Ajax Amsterdam. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan klasik antara dua klub top Eropa tersebut.

Di atas kertas, Madrid akan lebih diunggulkan. Namun, Ajax tidak bisa diremehkan. Acuannya, selama penyisihan grup, Ajax tidak pernah kalah dengan meraih 3 kemenangan dan 3 kali imbang. Dua hasil imbang di antaranya diperoleh saat bermain 1-1 dan 3-3 dengan tim kuat Bayern Munchen di Grup E

Real Madrid memenangkan enam duel terakhir melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions, dengan catatan gol 20-2.

5 dari 6 halaman

Hasil Drawing Liga Champions 16 Besar

Manchester City yang berstatus sebagai juara Grup F bertemu dengan wakil Jerman, Schalke, yang merupakan runners up Grup D.

Rival sekota The Citizens, Manchester United, menghadapi satu di antara klub yang difavoritkan juara, PSG. Laga tersebut akan menjadi tantangan terbesar The Red Devils karena performa mereka kurang memuaskan pada fase grup.

Wakil Italia, Juventus, menghadapi lawan yang berat, yaitu wakil Spanyol, Atletico Madrid. Cristiano Ronaldo akan menjadi sorotan karena sejarahnya sebagai pemain Real Madrid.

Wakil Italia lainnya, AS Roma, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar akan menghadapi wakil Portugal, FC Porto. Roma mendapat tuntutan dari suporter untuk mengejar prestasi di kompetisi Eropa.

Raksasa asal Jerman, Bayern Munchen, akan bertanding melawan Liverpool. Pertemuan antara Bayern Munchen dan Liverpool tersebut menjadi yang paling ditunggu karena performa keduanya sedang on fire pada musim 2018-19 ini.

Barcelona akan menghadapi Olympique Lyon yang berpeluang tampil mengejutkan. Barcelona berupaya mengejar gelar Liga Champions pada musim 2018-19 dan Lyon akan menjadi batu hambatan pertama Blaugrana. Dari rekam jejaknya, Lyon sudah enam kali kalah dari Barcelona. Mereka menjadi salah satu tim dengan hasil negatif terbanyak melawan El Azulgrana, sama seperti Werder Bremen

Klub kuda hitam asal Inggris, Tottenham Hotspur, akan bertanding melawan Borussia Dortmund. Kedua klub memiliki kekuatan yang hampir seimbang.

Sementara itu, dari hasil drawing Liga Champions 16 besar, juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, akan menerima tantangan dari Ajax Amsterdam.

Selengkapnya, berikut adalah hasil drawing Liga Champions 16 besar

Schalke vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus

Manchester United vs PSG

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Olympique Lyon vs FC Barcelona

AS Roma vs FC Porto

Ajax Amsterdam vs Real Madrid

Liverpool vs Bayern Munchen

6 dari 6 halaman

Jadwal Liga Champions Babak 16 Besar

Ada sejumlah kriteria dalam penentuan lawan di babak 16 besar ini. Yang pertama, tim yang berstatus sebagai juara grup akan menghadapi tim yang berstatus sebagai runner up grup. Tim-tim yang berasal dari federasi yang sama tidak bisa bertemu pada babak 16 besar ini. Selain itu tim-tim yang berasal dari grup yang sama tidak bisa bertemu di fase 16 besar nanti.

Pada perdelapan final Liga Champions, para runner-up putaran sebelumnya akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu. Mereka kemudian bertamu ke markas para jawara grup mempertaruhkan tiket ke babak delapan besar.

Leg pertama berlangsung pada 12-13 dan 19-20 Februari 2019. Sedangkan duel kedua berlangsung 5-6 dan 12-13 Maret.

Dalam acara drawing Liga Champions 16 besar tersebut, pihak UEFA mengumumkan bahwa pada babak 16 besar nanti, teknologi Video Assistance Reference atau VAR resmi diterapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini