Sukses

Kepergian Ronaldo Pangkas Pesona Real Madrid

Sejak Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus, markas Real Madrid mulai sepi penonton.

Liputan6.com, Jakarta Pesona Real Madrid belakangan ini terus menurun. Ini terlihat dari jumlah penonton yang memadati Santiago Bernabeu yang merosot dari pertandingan ke pertandingan. 

Kasus terbaru terlihat saat Real Madrid menang 1-0 atas Rayo Vallencano, Minggu dini hari WIB (17/12/2018). Duel ini hanya dihadiri oleh 55,229 penonton atau 68 persen dari total kapasitas Santiago Bernabeu. Sebagian bahkan meninggalkan stadion sebelum laga usai.  

Ini merupakan laga Real Madrid ketiga yang minim penonton. Sebelumnya saat menjamu UD Melilla di Copa del Rey Santiago Bernabeu hanya diisi 55,234 penonton. Sementara saat menjamu CSKA Moskow di Liga Champions, Bernabeu hanya dihadiri 51,636 penonton. 

Seperti dilansir AS, kondisi ini biasanya terjadi saat Real Madrid bertemu tim-tim lemah atau laga sudah tidak berpengaruh karena Los Blancos sudah lolos ke babak berikutnya. 

Namun kali ini, situasi yang dihadapi Real Madrid berbeda. Sebab saat bertemu tim-tim ternama, jumlah penonton yang hadir di Santiago Bernabeu juga ikut mernurun. 

Dari 12 laga di Santiago Bernabeu, hanya 7 yang dihadiri lebih dari 60 rubu penonton dan hanya laga melawan Atletico Madrid yang disaksikan lebih dari 70 ribu penonton. 

Angka ini jauh berbeda dibanding musim lalu. Tahun lalu di fase yang sama, hanya duel melawan Fuenlabrada di Copa yang dihadiri kurang dari 60 ribu penonton. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Ronaldo

Ada sejumlah penyebab fans mulai menjauh dari Real Madrid di mana angkanya berkisar 5000 untuk duel La Liga dan 11 ribu untuk pertandingan Eropa. Salah satunya adalah penampilan Real Madrid yang mulai berubah dan meninggalkan tradisi yang lama. 

Belum lagi, skuat Los Blancos kini minim bintang yang menjadi magnet bagi penonton. Kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus membuat sinar Los Blancos kian redup. Tidak bisa dipungkiri, selama hampir satu dekade, CR7 ikut melambungkan popularitas Real Madrid.

Sebelum Ronaldo bergabung, laga kandang Real Madrid melawan Getafe, pintu di Bernabeu hanya berputar sebanyak 48,466 kali. Angka ini menjadi yang terendah sejak 24 Mei 2009. 

Namun sejak kehadiran Ronaldo pada musim panas berikutnya, angka tersebut terus meningkat. Sejak Ronaldo berseragam Real Madrid, jumlah penonton di Santiago Bernabeu terus meningkat dan tidak ada yang mencatatkan angka serendah laga pembuka 2018/19. Ini menunjukkan bahwa kepergian Ronaldo ikut menggerus pesona Los Blancos sendiri. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.