3 Alasan Liverpool Bakal Bungkam Manchester United

Oleh Liputan6.com pada 15 Des 2018, 07:00 WIB
Diperbarui 16 Des 2018, 00:15 WIB
Liverpool vs Manchester United

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool menyambut Manchester United pada lanjutan Liga Inggris di Anfield, Minggu (16/12/2018). Sedang di puncak klasemen, The Reds butuh kemenangan untuk mepertahankan posisi puncak. 

Saat ini Liverpool memiliki 42 poin dari 16 pertandingan. Di sisi lain, Manchester United berada di posisi ke-6 dengan 26 poin dengan jumlah laga sama.

Liverpool sedang berada dalam performa terbaiknya dan baru saja mengalahkan Napoli untuk mengamankan tiket ke babak 16 Liga Champions. Sementara itu, The Red Devils sudah mengamankan tempat di putaran gugur meski dikalahkan Valencia.

Liverpool sangat difavoritkan dalam pertandingan akhir pekan ini. Bahkan tim asuhan Jurgen Klopp tersebut diyakini bisa meraih kemenangan.

Berikut ini tiga alasan Liverpool bisa mengalahkan Manchester United seperti dilansir Sportskeeda:

2 of 4

Kinerja Salah dan Alisson

Liverpool Vs Napoli 1-0
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah berselebrasi usai timnya memenangkan pertandingan melawan Napoli pada matchday keenam Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Selasa (11/12). Gol Salah mengantarkan Liverpool mengalahkan Napoli 1-0. (AP/Dave Thompson)

Mohamed Salah memulai musim ini dengan biasa-biasa saja setelah tampil sangat luar biasa untuk Liverpool pada musim lalu. Namun, pemain Mesir itu sekarang sudah menemukan permainan terbaiknya lagi ketika dia mencetak gol kemenangan melawan Napoli dan juga mencetak hattrick melawan Bournemouth pada akhir pekan lalu.

Salah mencetak gol yang indah ke gawang Napoli dengan melewati dua pemain belakang Partenopei sebelum menaklukkan kiper David Ospina. Ini merupakan golnya yang ke 13 dalam 23 pertandingan musim ini.

Kiper Alisson juga tampil luar biasa untuk Liverpool pada musim ini dan sudah meraih 10 clean sheet di Premier League sejauh ini, tertinggi di antara kiper manapun. Dia juga brilian melawan Napoli dan membuat penyelamatan penting.

Pemain asal Brasil itu juga brilian di Piala Dunia tahun ini dan performanya meningkatkan reputasinya. Dengan kehadiran Alisson, barisan belakang The Reds saat ini tidak mudah ditembus.

3 of 4

Anfield adalah Benteng

Liverpool Vs Napoli
Para suporter Liverpool merayakan kemenangan atas Napoli pada laga Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Selasa (11/12). Liverpool menang 1-0 atas Napoli. (AFP/Paul Ellis)

Kandang Liverpool Anfield dikenal punya salah satu atmosfer yang paling menggetarkan di dunia. Nyanyian “You'll never walk alone” dan kehadiran suporter membuat tim lawan sangat sulit bermain bagus di sana.

Manchester City adalah satu-satunya tim yang berhasil mencuri satu poin dari Anfield di liga sejauh ini. Oleh karena itu, peluang Liverpool kalah pada akhir pekan sangat kecil dan bahkan hasil imbang sangat tidak mungkin.

Selain itu, United terakhir kali memenangkan pertandingan di Anfield pada Januari 2016. Mereka memang bisa meraih hasil imbang tahun lalu tetapi akan sangat mengulangi prestasi itu lagi. United secara tradisional tidak pernah tampil bagus di Anfield dan sangat tidak mungkin mereka bisa membalikkan tren tahun ini.

4 of 4

Kinerja Buruk Manchester United

Valencia Tekuk Manchester United 2-1
Pemain Valencia merayakan gol Carlos Soler ke gawang Manchester United (MU) pada babak penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion Mestalla, Valencia, Spanyol, Rabu (12/12). Valencia menang 2-1 atas MU. (AP Photo/Alberto Saiz)

Manchester United sangat buruk musim ini dan hanya meraih 3 kemenangan dari 8 laga tandang mereka di liga sejauh ini. Selain itu, mereka belum bisa menang dalam pertandingan melawan 5 tim besar sejauh ini.

Mereka berbagi poin dengan Chelsea dan Arsenal, tetapi kalah melawan Manchester City dan Tottenham. Selain itu, penampilan mereka di Eropa belum terlihat spektakuler karena mereka bisa lolos berkat kemenangan melawan Juventus.

Striker United Romelu Lukaku terlihat kesulitan musim ini tetapi mulai mendapatkan kembali performanya setelah mencetak gol melawan Fulham. Dia baru mencetak 6 gol untuk United pada musim ini.

Selain itu, lini depan United sering terlihat melempem dan pertahanan mereka juga tidak solid. Bahkan Phil Jones mencetak gol bunuh diri melawan Valencia sehingga membuat timnya kalah di Liga Champions belum lama ini.

 

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓