Sukses

Persib Bandung Juara Liga 1 U-16 dan U-19, Pemprov Jabar Berikan Kadeudeuh

Persib mendapat bonus total Rp 200 juta.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Bank BJB memberi bonus "kadeudeuh" bagi tim junior Persib Bandung. Hadiah masing-masing Rp 100 juta diberikan menyusul prestasi tim U-16 dan U-19 menjuarai Liga 1.

"Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat lewat Bank BJB memberikan apresiasi masing-masing Rp100 juta sebagai rasa sayang atas prestasi yang ditorehkan," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Jumat (14/12/2018).

Persib U-16 dan U-19 datang didampingi Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara dan GM Diklat Persib sekaligus Manajer Tim U-16 dan U-19 Yoyo S Asadiredja. "Mudah-mudahan prestasi ini bisa menjadi inspirasi untuk anak muda yang lainnya," kata Gubernur Emil.

Menurut Emil, prestasi ini menjadi salah satu bukti pembinaan terhadap usia muda Persib telah dilakukan dengan baik.

"Jadi, pembinaan klub Persib ini sangat positif. Tahun ini membuktikan luar biasa menjadi terbaik di usia 16 dan usia 19. Seniornya juga sudah bagus," kata Emil.

"Mudah-mudahan suatu hari nanti ada prestasi rutin baik dari senior maupun juniornya," harapnya, dilansir Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesan Emil

Untuk meningkatkan prestasi pada masa mendatang, Emil berpesan agar Persib bisa menerapkan sport science. Hal ini sudah diterapkan beberapa negara di dunia dalam membina atlet.

"Tadi saya titip pesan gunakan ilmu sport science untuk meningkatkan kualitas performa dari atlet," ungkap Emil.

Emil menambahkan, perhatian manajemen klub juga jangan hanya tertuju pada capaian prestasi. Sepak bola adalah salah satu olahraga yang mendapat perhatian tinggi dari masyarakat, terutama suporternya.

"Sepak bola juga salah satu olahraga yang euforianya paling tinggi, sehingga saya bilang permasalahan sepak bola bukan hanya prestasi semata. Setengahnya urusan suporter juga yang berimbas," tutur Emil.

3 dari 3 halaman

Pembinaan Suporter

Untuk itu, klub diminta bisa memberikan perhatian lebih atau bahkan melakukan pembinaan kepada suporter. "Ini perlu edukasi panjang. Jadikan sepak bola ini menjadi sebuah kecintaan proporsional yang secukupnya tanpa harus berlebihan. Tunjukkan dengan kecintaan bukan kebencian," kata dia.

Persib U-16 membungkam Bali United pada final Liga 1 U-16. Sedangkan tim U-19 mengalahkan Persija pada laga puncak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.