Final Piala AFF 2018 Vietnam vs Malaysia Diakhiri Adu Penalti?

Oleh Defri Saefullah pada 14 Des 2018, 18:00 WIB
Timnas Malaysia

Liputan6.com, Jakarta - Vietnam akan menjamu Malaysia pada leg kedua Final Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion My Dinh, Sabtu (15/12/2018). Vietnam di atas angin karena menyimpan modal dua gol berkat hasil imbang 2-2 saat tandang pada leg pertama Piala AFF.

Meski di atas angin, Malaysia tak bisa dianggap remeh. Saat tampil di Bukit Jalil, Malaysia mampu mengejar defisit dua gol dari Vietnam.

Maka itu, ada kemungkinan skor 2-2 bisa kembali terulang pada final leg kedua Piala AFF 2018 di My Dinh. Ini membuat kedua tim harus mengakhiri pertandingan dengan adu penalti.

Sepanjang sejarah Piala AFF, hanya ada satu kali final yang harus dihadiri dengan adu penalti. Itu terjadi pada final Piala AFF 2002 antara Timnas Indonesia melawan Thailand.

Saat itu, Timnas Indonesia dan Thailand tampil begitu ngotot pada dua leg final Piala AFF. Skor yang tercipta juga sama 2-2 sebanyak dua leg final.

Apakah hal itu terulang pada leg kedua final Piala AFF 2018?

 

 

 

2 of 2

Waspadai Serangan Balik

Timnas Malaysia, Piala AFF 2018
Para pemain Malaysia saat merayakan gol ke gawang Laos pada laga kedua Grup A Piala AFF 2018. (AFF Suzuki Cup)

Mantan pelatih Malaysia, B Sathianathan meminta agar Harimau Malaya tidak menganggap enteng Vietnam. Dia ingin Malaysia untuk mewaspadai serangan balik Vietnam.

"Di depan puluhan ribu suporter, Vietnam akan tampil lebih agresif dibandingkan leg pertama. Pertahanan Malaysia bakal diuji," katanya seperti dikutip Bernama.

Kiper Malaysia, Farizal Marlias pun menegaskan timnya mengincar kemenangan lawan Vietnam. Malaysia pernah merasakan kemenangan besar 4-2 di Hanoi pada Piala AFF 2014 lalu.

"Saya tidak mau banyak bicara, kami datang ke sini untuk menang dan membawa pulang Piala. Jika empat tahun lalu kita bisa, bukan mustahil mengulanginya lagi," katanya seperti dikutip utusan.

Lanjutkan Membaca ↓