Prediksi Vietnam Vs Malaysia di Final Piala AFF 2018 Leg Kedua

Oleh Septika Shidqiyyah pada 14 Des 2018, 13:15 WIB
Timnas Malaysia vs Timnas Vietnam

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Final Piala AFF 2018 Leg Kedua yang mempertemukan Vietnam Vs Malaysia dijadwalkan akan digelar pada hari Sabtu (15/12/2018). Laga Vietnam vs Malaysia tersebut bakal dilangsungkan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Sebelumnya, timnas Vietnam berhasil menahan Malaysia di leg pertama final Piala AFF 2018, Selasa malam (11/12/2018) dengan skor imbang 2-2. Dengan hasil tersebut, The Golden Stars tentu diuntungkan pada final leg kedua Vietnam Vs Malaysia nanti.

Duel sengit Vietnam vs Malaysia

Pada laga Malaysia vs Vietnam leg pertama berjalan ketat sejak awal. Vietnam, yang bertindak sebagai tim tamu, mampu unggul dua gol lebih dulu.

Nguyen Huy Hung membawa Vietnam memimpin 1-0 pada menit ke-22. Berawal dari serangan balik cepat, Huy Hung merobek gawang Harimau Malaya.

Tiga menit berselang, giliran Pham Duc Huy yang mengoyak gawang Harimau Malaya. Skor menjadi 2-0.

Tuan rumah, yang didukung lebih dari 80 ribu suporter, baru bisa menipiskan skor jadi 1-2 pada menit ke-36, setelah Sharul Saad menjebol gawang Dang Van Lam. Shahrul Saad memanfaatkan tendangan bebas timnya. Skor bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Malaysia akhirnya bisa menyamakan skor. Safawi Rasid mencetak gol ke gawang Vietnam lewat tendangan bebas di depan kotak penalti. Skor 2-2 bertahan hingga laga tuntas.

2 of 5

Pelatih Vietnam Kecewa

Timnas Vietnam
Timnas Vietnam seusai leg pertama final Piala AFF 2018 melawan Malaysia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur (11/12/2018). (AFP/Mohd. Rasfan)

Namun, di balik skor 2-2 yang dicatatkan the Golden Stars di Stadion Bukit Jalil, terselip kekecewaan sang pelatih, Park Hang-seo. Pelatih asal Korea Selatan itu menyesali dua gol balasan yang diciptakan tuan rumah.

"Saya rasa pemain kami bermain sangat baik hari ini dan bekerja keras. Kami mencetak gol dua gol, tapi kebobolan dua gol dari set play, yang agak mengecewakan. Namun, kami tak kalah, meraih hasil imbang di laga tandang jadi kami akan bersiap untuk laga selanjutnya dan melakukan yang terbaik," kata Park.

Meski kebobolan dua gol dari set play, Park enggan menganggap hal itu sebagai masalah besar, melainkan hanya menekankan skuatnya untuk lebih berhati-hati dalam pertahanan.

"Kami tak menilai set play mereka jadi masalah besar buat kami. Kami semestinya tak membuat pelanggaran yang berakibat gol, jadi kami akan bersiap dengan menganalisis video perihal set play lawan," lanjut Park.

3 of 5

Malaysia optimis kans menjuarai Piala AFF 2018 belum tertutup

Timnas Malaysia, Piala AFF 2018
Kapten Malaysia, Zaquan Adha optimistis usai timnya melaju ke semifinal Piala AFF 2010. (AFF Suzuki Cup)

Pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, meyakini kans skuatnya merengkuh gelar juara masih belum tertutup. Ia yakin tim asuhannya masih bisa membuat kejutan saat ganti melakoni partai tandang Vietnam vs Malaysia, pada leg kedua final, di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (15/12/2018).

"Ini kali pertama pemain saya bermain di bawah tekanan tinggi, jadi tak mudah. Saya harap mereka bisa beristirahat dan pulih pada waktunya untuk laga berikutnya. Kami tahu Vietnam tak hanya bermain bagus sejauh ini di turnamen ini melainkan sepanjang tahun ini," kata Tan Cheng Hoe.

Mantan pelatih Kedah FA itu menggarisbawahi dua gol yang berhasil dicetak Vietnam ke gawang tim asuhannya.

"Kami kebobolan cepat lagi, seperti di Hanoi (saat penyisihan Grup A), karena kami kehilangan fokus pertahanan. Tapi, kami masih punya satu leg lagi, di Vietnam, dan saya positif dengan peluang kami di sana," ujar pengganti Nelo Vingada itu.

"Leg kedua tak akan mudah, tapi pemain bertolak ke Hanoi dengan percaya diri dan mendapat hasil," imbuh sang pelatih.

Harimau Malaya wajib menciptakan gol saat bertandang di Stadion My Dinh. Jika berhasil meraih kemenangan 1-0 saja di Hanoi, Timnas Malaysia bisa merengkuh gelar juara kedua sejak kali pertama pada Piala AFF 2010.

4 of 5

Rekam jejak pertemuan Vietnam dan Malaysia

11/12/2018 Malaysia Vs Vietnam 2 : 2

16/11/2018 Vietnam Vs Malaysia 2 : 0

23/11/2016 Malaysia Vs Vietnam 0 : 1

11/12/2014 Vietnam Vs Malaysia 2 : 4

07/12/2014 Malaysia Vs Vietnam 1 : 2

 

 

5 of 5

Prediksi Vietnam vs Malaysia

Dua gol yang berhasil diciptakan Vietnam membuat the Golden Stars tinggal bermain imbang tanpa gol untuk keluar sebagai juara Piala AFF edisi tahun ini berkat penerapan regulasi keunggulan gol tandang.

Hal itu diyakini butuh perjuangan, namun bermain di kandang, di depan puluhan ribu suporter di Stadion My Dinh, bakal jadi keuntungan buat the Golden Stars. Selama tampil di Piala AFF 2018, Vietnam belum pernah kalah jika main di markas sendiri.

Selain faktor nonteknis itu, secara teknis atau statistik di lapangan menunjukkan pemain Vietnam cukup rajin mencetak gol. Vietnam tak menggantungkan pada satu-dua pemain di lini depan saja untuk urusan menjebol gawang lawan.

Data memperlihatkan, sejak penyisihan Grup A hingga final leg pertama, Vietnam menempatkan tujuh pemain di daftar pencetak gol Piala AFF 2018. Jumlah itu paling banyak di antara kontestan lain.

Tujuh pemain itu, yakni Anh Duc (tiga gol), Nguyen Cong Phuong (3), Nguyen Quang Hai (3), Phan Van Duc (2), Nguyen Tien Linh (1), Nguyen Huy Hung (1), dan Phạm Duc Huy (1).

Ketujuh pemain tercatat bermain di sektor penyerangan, mulai gelandang, gelandang serang, pemain sayap, hingga striker.

Jika berhasil menahan Malaysia dengan skor imbang, maka Timnas Vietnam bisa meraih titel kedua mereka sepanjang keikutsertaan di Piala AFF.

Melihat rekam jejaknya, tentu saja Vietnam lebih diunggulkan untuk bisa merengkuh gelar juara Piala AFF 2018. Namun Vietnam juga perlu mewaspadai pergerakan yang sulit di tebak dari pemain-pemain Malaysia. Melihat rapor Malaysia sejauh ini, mereka memang bukan tim yang bisa dianggap remeh.

Prediksi skor Vietnam vs Malaysia Leg Kedua Final AFF 2018 Vietnam 2 - 1 Malaysia

 

Perkiraan Susunan Pemain Vietnam vs Malaysia Leg Kedua

Malaysia (4-4-2) : Farizal; Syahmi Safari, Irfan Zakaria, Shahrul Saad, Nazirul Naim; Akram Mahinan, Syamer Kutty, Safawi Rasid, Mohamadou Sumareh; Norshahrul Idlan, Zaquan Adha.

Vietnam (3-4-3) : Van Lam; Ngoc Hai, Dinh Trong, Duy Manh; Van Hau, Huy Hung, Duc Huy, Trong Hoang; Van Duc, Anh Duc, Quang Hai.

Lanjutkan Membaca ↓