Fakta Pertandingan Ajax vs Bayern, Dihiasi Enam Gol dan Dua Kartu Merah

Oleh Septika Shidqiyyah pada 13 Des 2018, 12:15 WIB
Tendangan Brutal Thomas Mueller kepada Bek Ajax Amsterdam

Liputan6.com, Jakarta Laga matchday 6 Grup E Liga Champions 2018/19 menghadirkan duel sengit Ajax vs Bayern. Sebelum pertandingan Ajax vs Bayern pada Kamis (13/12/2018) dini hari WIB ini, Ajax dan Bayern sebenarnya sama-sama sudah pasti lolos ke babak 16 besar. Namun, duel ini adalah duel pemungkas untuk menentukan siapa di antara mereka yang berhak menjadi juara grup.

Sebelumnya, pada klasemen sementara Grup E Lga Champions 2008/19 Bayern Munchen berada di posisi puncak dengan 13 poin, sementara mengekor dibelakangnya ada Ajax Amsterdam dengan 11 poin. Peringkat ketiga dan keempat dihuni oleh Benfica dan AEK Athena, masing-masing mengantongi 4 poin dan 0 poin.

Namun, dalam laga yang dihelat di Johan Cruijff Arena, Kamis (13/12/2018) dini hari WIB, Ajax Amsterdam dan Bayern Munchen harus berbagi satu angka setelah bermain imbang 3-3.

Pertandingan Ajax vs Bayern cukup menyita perhatian karena diwarnai dengan drama enam gol, dua kartu merah serta dua penalti. Dengan angka imbang tersebut, hasil ini tak membuat posisi mereka di klasemen berubah, Bayern Munchen tetap menjadi juara Grup E Liga Champions.

2 of 7

Bayern Munchen unggul lebih dahulu

Top Scorer Liga Champions
Robert Lewandowski (Bayern Munchen) - 8 gol (AFP/John Thys)

Bayern Munich tampil sebagai juara Grup E Liga Champions setelah seri 3-3 di markas Ajax Amsterdam. Tim tamu, Bayern Munchen sukses terlebih dahulu unggul pada babak pertama.

Bayern memimpin di menit ke-13 lewat gol Lewandowski. Menerima umpan terobosan dari Serge Gnabry, bomber asal Polandia itu sukses menaklukkan Andre Onana.

Ajax mencoba langsung bereaksi. Sayang dua peluang beruntun yang didapat Frenkie de Jong di menit ke-19 masih gagal membuahkan hasil.

Onana tampil gemilang ketika menyelamatkan gawangnya dari kebobolan di menit ke-27. Tembakan jarak dekat yang dilepas Lewandowski masih mampu ditahan oleh Onana. Skor 1-0 untuk keunggulan Bayern bertahan hingga turun minum.

3 of 7

Ajax berusaha menyamakan kedudukan

Top Scorer Liga Champions
Dusan Tadic (Ajax) - 5 gol dan 1 assist (AFP/Aris Messinis)

Pada babak kedua, Ajax berusaha menenkan pertahanan tim tamu. Ajax akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-61. Lewat skema serangan yang apik, Doony van de Beek melepas crossing yang mampu diselesaikan Tadic menjadi gol.

Ajax mendapat hadiah penalti di menit ke-81 usai pemain yang baru masuk, Kasper Dolberg dilanggar Jerome Boateng di kotak terlarang. Tadic yang menjadi eksekutor pun sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Ajax kini berbalik unggul.

Namun keunggulan Ajax hanya bertahan empat menit. Kini giliran Bayern yang memperoleh hadiah penalti usai Thiago Alcantara dijatuhkan Tagliafico. Lewandowski pun sukses mencetak gol keduanya di laga ini.

Memasuki masa injury time, lini pertahanan Ajax sempat lengah. Alhasil Bayern pun kembali memimpin setelah Coman berhasil meneruskan assist Thiago menjadi gol.

Ajax berhasil memaksakan hasil imbang setelah Tagliafico membobol gawang Manuel Neuer jelang laga usai. Skor sama kuat 3-3 pun menjadi hasil akhir laga ini.

4 of 7

Bomber andalan kedua tim sumbang 2 gol

Dua bomber andalan masing-masing tim, yakni Dusan Tadic dan Robert Lewandowski sama-sama mencetak dua gol, salah satunya dari titik penalti. Sementara satu gol Ajax lainnya dicetak Nicolas Tagliafico, sedangkan Bayern diciptakan Kingsley Coman.

Hasil imbang ini pun membuat Ajax gagal menyalip Bayern di tabel klasemen. Bayern lolos ke babak 16 besar dengan predikat juara grup, sedangkan Ajax sebagai runner-up.

Bayern mengakhiri fase grup di puncak usai mengoleksi 14 poin unggul dua poin dari Ajax. Sementara Benfica finis ketiga dengan perolehan 7 poin usai menang 1-0 atas AEK Athens, si juru kunci.

5 of 7

Drama dua kartu merah

Tendangan Brutal Thomas Mueller kepada Bek Ajax Amsterdam
Gelandang Bayern Munchen Thomas Mueller (kiri) menendang kepala bek Ajax Amsterdam Nicolas Tagliafico dalam laga Grup E Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Rabu (12/12). Mueller menendang Tagliafico dengan kaki kanannya. (AP Photo/Peter Dejong)

Di menit ke-67 Ajax mesti bermain dengan 10 orang. Bek tengahnya, Max Woeber diganjar kartu merah langsung karena melakukan tekel terlambat kepada Leon Goretzka.

Delapan menit kemudian, tepatnya pada menit ke-75 Bayern menyusul turut bermain dengan 10 pemain karena Thomas Mueller diusir keluar lapangan setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Tagliafico. Saat akan berduel udara, Mueller mengangkat kakinya terlalu tinggi sehingga melukai kepala pemain lawan.

6 of 7

Sejarah pertemuan Ajax vs Bayern

Sebelum berlaga pada matchday 6 Grup E Liga Champions 2018/19 pada Kamis (13/12/2018) Ajax vs Bayern sudah bertemu pada matchday 2. Dalam laga tersebut Ajax menahan Bayern 1-1 di Jerman. Bayern unggul lewat gol Mats Hummels menit 4, dan Ajax membalas melalui Noussair Mazraoui menit 22.

Sebelum matchday 2, Ajax dan Bayern bertemu di fase grup Liga Champions 2004/05. Bayern menang 4-0 di Jerman, lalu imbang 2-2 di Belanda.

7 of 7

Rangkuman fakta pertandingan Ajax Vs Bayern Kamis (13/12/2018)

1. Laga diwarnai dua kartu merah untuk masing-masing tim.

2. Bomber andalan kedua tim sama-sama sumbang 2 gol.

3. Kedua tim sama-sama memperoleh hadiah penalti

4. Dengan skor 3-3, Bayern tetap kokoh di puncak klasemen Grup E Liga Champions.

5. Kedua tim sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar Liga Champions.

Lanjutkan Membaca ↓
Selebgram Cantik yang Rajin Berolahraga